alexametrics

Inilah 5 Negara Tanpa Ujian Nasional

loading...
Inilah 5 Negara Tanpa Ujian Nasional
UN masih menjadi standar evaluasi sekolah yang digunakan banyak negara dalam sistem pendidikannya. Meski demikian di dunia setidaknya ada 5 negara yang tidak menerapkan UN. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
UJIAN Nasional (UN) masih menjadi standar evaluasi sekolah yang digunakan banyak negara dalam sistem pendidikannya. Meski demikian di dunia setidaknya ada 5 negara yang tidak menerapkan UN di sistem pendidikannya. (Baca juga: Belajar Daring Harus Dibarengi Dengan Perubahan Paradigma Guru)

1. Kanada

Inilah 5 Negara Tanpa Ujian Nasional


Tidak semua negara bagian di Kanada menghentikan UN dalam penilaian siswa-siswa mereka. Ontario, negara bagian Kanada terluas kedua, tidak memberlakukan UN. (Baca juga: Dubes Indonesia dan Kanada Siap Majukan Kerja Sama Bilateral)



Ijazah sekolah menengah bisa didapatkan oleh siswa hanya dengan memperoleh 30 kredit di sekolah menengah, menyelesaikan tes literacy di kelas 10 (siswa kelas 15 atau 16), dan menyelesaikan 40 jam keterlibatan dengan masyarakat.

2. Finlandia



Inilah 5 Negara Tanpa Ujian Nasional


Finlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dikutip dari laman Finnish National Agency For Education, murid-murid sekolah dasar di Finlandia tidak melakukan UN.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak