Gagas Tol Laut, Jokowi Dinilai Memiliki Keberpihakan pada Kawasan Kepulauan

Jum'at, 18 November 2022 - 18:34 WIB
loading...
Gagas Tol Laut, Jokowi Dinilai Memiliki Keberpihakan pada Kawasan Kepulauan
Pemerintahan Presiden Jokowi dinilai memiliki keberpihakan pada wilayah-wilayah yang berada di kawasan kepulauan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai memiliki keberpihakan pada wilayah-wilayah yang berada di kawasan kepulauan. Pasalnya Jokowi gencar mendorong pembangunan pada wilayah tersebut.

Bukti pembangunan yang sudah direalisasikan Jokowi pada wilayah kepulauan adalah tol laut. Gagasan tersebut berhasil memudahkan mobilisasi barang dan orang untuk daerah-daerah di kepulauan. Kehadiran tol laut juga merupakan upaya Jokowi untuk memangkas disparitas harga barang. Sehingga langkah Jokowi tersebut mengundang apresiasi dari berbagai pihak.

Wakil Rektor II Universitas Pattimura (Unpatti) Provinsi Maluku, Iyances Cipta Budi sepakat tol laut merupakan bukti keberpihakan Jokowi pada daerah kepulauan. Sehingga kepemimpinan Jokowi sangat layak untuk diapresiasi.

Baca juga: Ali Masykur Musa: Tol Laut Terbukti Sukses Turunkan Disparitas Harga

“Pak Jokowi membangun tol laut yang dulunya tidak pernah diperhatikan. Ini menunjukkan bahwa pemerintahan Jokowi cukup memperhatikan wilayah-wilayah kepulauan seperti Maluku,” ujarnya, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Jangkau Daerah Terpencil, Tol Laut Sukses Tekan Disparitas Harga

Selain tol laut, keberpihakan Jokowi pada wilayah kepulauan ditunjukannya melalui pembangunan pelabuhan. Iyances menyebutkan, di Maluku sendiri sedang dibangun Pelabuhan Ambon Baru (Ambon New Port) untuk memudahkan akses ekspor hasil laut.

“Kita nanti punya pelabuhan internasional, pelabuhan Ambon New Port yang bisa ekspor langsung dari Ambon. Ini layak kita acungi jempol. Selama ini ekspor lewat Makassar atau Surabaya. Itu kan kasihan sekali padahal kita yang menghasilkan,” katanya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3135 seconds (10.55#12.26)