Survei: Pengangguran, Buruh, hingga Petani Pilih Prabowo Subianto Jadi Presiden

Selasa, 15 November 2022 - 17:25 WIB
loading...
Survei: Pengangguran, Buruh, hingga Petani Pilih Prabowo Subianto Jadi Presiden
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat mengajak Kepala Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), menyambangi Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang, Jateng. FOTO/KONTRIBUTOR MPI
A A A
JAKARTA - Masyarakat kelas bawah atau dikenal dengan sebutan wong cilik cenderung memilih Prabowo Subianto menjadi presiden. Hal ini terpotret dari hasil survei yang dilakukan Political Weather Station (PWS) pada November 2022.

Peneliti PWS, Sharazani menyampaikan, pihaknya mencoba melakukan survei kepada wong cilik dalam berbagai kategori seperti; pengangguran, orang-orang yang bekerja di sektor informal, pegawai honorer, petani kecil, nelayan, buruh, dan masyarakat berpendidikan rendah. Mereka diberikan pertanyaan jika Pilpres dilaksanakan saat ini siapakah yang dipilih?

"Sebanyak 56,2% petani menyatakan akan memilih Prabowo Subianto. Selebihnya, 43,8% mengaku memilih tokoh-tokoh lain seperti Moeldoko, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir, dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan," kata Sharazani dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa (15/11/2022).



Sharazani mengungkapkan, dukungan sangat tinggi terhadap Prabowo Subianto juga terjadi di kalangan pengangguran. Sebanyak 54,8% responden yang mengaku masih menganggur menyatakan akan pilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini. Sisanya 45,2% mengaku akan memilih tokoh-tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir, Moeldoko, Ridwan Kamil, Airlangga Hartarto, dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan.

Di kalangan masyarakat yang bergelut di sektor informal, dukungan terhadap Prabowo Subianto juga cukup signifikan. Sebanyak 53,5% responden yang termasuk dalam kategori pekerja sektor informal mengaku akan memilih Menteri Pertahanan itu jika Pilpres dilaksanakan saat ini. Sisanya, 44,5% menyatakan akan memilih tokoh-tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Moeldoko, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan.

"Selain mendapatkan dukungan dari kalangan petani, kaum pengangguran dan sektor informal, Prabowo Subianto juga menjadi harapan para buruh," ujarnya.

Baca juga: Survei PWS: Elektabilitas Prabowo Subianto Teratas Tak Tergoyahkan

Jika Pilpres dilaksanakan saat ini, kata dia, sebanyak 51,3% responden yang bekerja sebagai buruh menyatakan akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra itu. Sisanya 48,7% mengaku akan memilih Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Ridwan Kamil, dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan.

Untuk diketahui, survei PWS dilakukan pada 4-11 November 2022 di 34 Provinsi di Indonesia. Jumlah sampel sendiri yang dipilih sebanyak 1.200 responden, yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling). Dengan jumlah sampel tersebut, survei ini menerapkan angka toleransi kesalahan atau margin of error sebesar ±2,83%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2657 seconds (11.97#12.26)