Presiden Jokowi Dorong 3 Hal Penting dalam Kemitraan ASEAN-AS

Sabtu, 12 November 2022 - 22:43 WIB
loading...
Presiden Jokowi Dorong 3 Hal Penting dalam Kemitraan ASEAN-AS
Presiden Jokowi berharap bahwa Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-AS bisa menjadi solusi mengatasi situasi dunia yang sedang menghadapi tantangan luar biasa. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap bahwa Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-Amerika Serikat (AS) bisa menjadi bagian dari solusi mengatasi situasi dunia yang sedang menghadapi tantangan yang luar biasa.

Harapan tersebut Jokowi sampaikan saat berbicara sebagai negara koordinator dialog KTT ASEAN-AS yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu 12 November 2022.



“Kemitraan ini diluncurkan di saat dunia sedang hadapi tantangan yang luar biasa. Saya ingin membacakan ringkasan ASEAN Common Sense, dimana kemitraan ASEAN-AS dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi Dorong 3 Hal Penting dalam Kemitraan ASEAN-AS


Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-AS diluncurkan dalam KTT ASEAN-AS di Kamboja. Ada tiga hal yang dikemukakan Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut. Pertama, Presiden mendorong perwujudan kemitraan bagi perdamaian dan stabilitas kawasan. ASEAN menginginkan kehadiran AS di kawasan membawa energi positif bagi perdamaian.



“Dukungan AS terhadap sentralitas ASEAN juga harus diterjemahkan dalam aksi nyata khususnya peran ASEAN sebagai agenda setter dinamika di kawasan dan pembentukan arsitektur kawasan yang inklusif,” jelas Presiden Jokowi.

Hal kedua yang disampaikan Jokowi adalah membangun kemitraan untuk ketahanan kawasan dan global. Menurutnya, sinergi kebijakan harus didorong untuk memastikan stabilitas sistem keuangan, dukungan likuiditas, dan efektivitas kebijakan ekonomi.

Presiden Jokowi Dorong 3 Hal Penting dalam Kemitraan ASEAN-AS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)