Diterima Pemilih Ganjar dan Anies, Survei LSP: Kesan Pemersatu Melekat pada Prabowo

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:09 WIB
loading...
Diterima Pemilih Ganjar dan Anies, Survei LSP: Kesan Pemersatu Melekat pada Prabowo
Lembaga Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis survei elektabilitas capres 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8%. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis survei elektabilitas capres 2024 . Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8%.

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 20,4%, dan posisi ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,7%.

Direktur Riset dan Kajian LSP Indra Nuryadin memaparkan survei ini mencari tahu apa yang paling diketahui publik tentang beberapa tokoh bila disebutkan namanya. Salah satu temuan yang menarik adalah bahwa Prabowo dapat diterima, baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies.

“Prabowo dapat diterima, baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies. Kesan Prabowo sebagai tokoh pemersatu dapat diterima,” ujar Indra dalam paparannya, Sabtu (15/10/2022).

Ia merinci beberapa kesan yang ditangkap oleh publik mengenai Prabowo, yaitu Menteri Pertahanan yang loyal kepada Presiden Jokowi; Ketum Gerindra terbaik/bagus; capres pemersatu yang menghilangkan pembelahan sosial; dan patriot lebih mementingkan kepentingan bangsa.

Ganjar dan Anies juga mendapatkan kesan yang baik di mata publik. Namun, kedua figur tersebut memiliki kesan yang melekat pada kubu-kubu politik tertentu.

Untuk Ganjar, kesan yang tertangkap pada publik, yaitu Gubernur Jateng yang bagus; kader PDIP yang loyal; identik dengan medsos, karena sering dijadikan alat sosialisasi terkait kegiatannya sebagai kepala daerah atau aktivitasnya secara pribadi; salah satu capres yang didukung oleh pemilih Jokowi sebelumnya yang diberi label “cebong”; dianggap memiliki citra identik dengan citra Jokowi.

Sementara itu, kesan utama publik untuk Anies, yaitu Gubernur DKI Jakarta yang sukses; capres yang didukung oleh pendukung Prabowo dulu yang diberi label “kadrun” oleh para pendukung Jokowi; figur cerdas; pandai bicara; dan ramah.

Survei LSP ini dilakukan pada 1-10 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi. Responden yang dipilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Pengumpulan data survei dilakukan lewat wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei tersebut +/- 2,8% dengan tingkat keyakinan 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)