Deretan Jenderal Kopassus Jadi Panglima TNI, Nomor 4 Peraih Bintang Sakti

Senin, 10 Oktober 2022 - 05:57 WIB
loading...
Deretan Jenderal Kopassus Jadi Panglima TNI, Nomor 4 Peraih Bintang Sakti
(Searah jarum jam) Jenderal TNI Andika Perkasa, Jenderal TNI (Purn) Feisal Tanjung, Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat, dan Jenderal TNI (Purn) L.B Moerdani, Jenderal Kopassus yang pernah menjadi Panglima TNI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komado Pasukan Khusus ( Kopassus ) merupakan pasukan elite TNI yang selalu melahirkan prajurit-prajurit tangguh dan berprestasi. Mereka tidak hanya menorehkan tinta emas di medan operasi tapi juga mampu mencetak pemimpin yang andal dan professional.

Sejak TNI dibentuk, tidak sedikit Jenderal Kopassus yang menjadi orang nomor satu di institusi tersebut. Mereka adalah prajurit-prajurit Korps Baret Merah yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang membanggakan hingga disegani dunia.



Berikut ini deretan Jenderal Kopassus yang menjabat sebagai Panglima TNI:

1. Jenderal TNI Andika Perkasa

Andika Perkasa merupakan Panglima TNI yang menjabat sejak 17 November 2021 hingga saat ini. Dia ditunjuk Presiden Jokowi sebagai orang nomor satu di TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanjo. Pengangkatan Andika sebagai Panglima TNI didasarkan oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106/TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Andika Perkasa merupakan Jenderal Kopassus yang memiliki segudang prestasi. Pria kelahiran 21 Desember 1964 merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 dari kecabangan Infanteri Kopassus. Andika mengawali karier militernya di Grup 2/Para Komando dan Satuan Penanggulangan Antiteror (Sat Gultor) Kopassus.

Menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen (BIN) Jenderal TNI (Purn) Hendropriyono ini pernah mengenyam pendidikan S-2 di tiga kampus ternama yakni, Norwich Universty, kemudian National Defence University di Washington DC,dan Harvard University, Amerika Serikat.

Andika juga meraih gelar Doktor S-3 di The George Washington University. Selama meniti kariernya di militer, Andika pernah diterjunkan dalam Operasi Seroja di Timur Timor sekarang bernama Timor Leste dan meredam gerakan separatis bersenjata di Papua.

Berbagai jabatan strategis yang pernah diembannya di antaranya, Komandan Tim 3 Sat Gultor Kopassus, Danrindam Kodam Jaya, Kadispenad, Danpaspampres di awal pemerintahan Presiden Jokowi pada 2014. Pangdam XII/Tanjung Pura. Dankodiklatad, kemudian diangkat Pangkostrad. Kariernya terus menanjak dengan diangkat menjadi KSAD dan akhirnya Panglima TNI ke-21 hingga saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4349 seconds (0.1#10.140)