3 Organisasi Pemuda Tertua yang Berdiri Setelah Indonesia Merdeka

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 20:19 WIB
loading...
3 Organisasi Pemuda Tertua yang Berdiri Setelah Indonesia Merdeka
Pemuda Pancasila merupakan organisasi pemuda Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Organisasi pemuda sudah ada sejak dulu kala di Indonesia. Sejumlah organisasi kepemudaan itu ada yang berdiri setelah Indonesia merdeka dan masih aktif hingga saat ini.

Berdasarkan Undang-Undang No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, organisasi pemuda adalah wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para pemuda, baik yang masih menempuh pendidikan ataupun tidak. Perlu diketahui organisasi kepemudaan bukanlah lembaga formal di masyarakat. Keberadaannya sebagai wujud kesadaran membantu masyarakat.

Posisi pemuda dinilai memiliki peran yang sangat strategis. Presiden pertama RI, Soekarno pernah menggambarkan betapa pentingnya pemuda bagi sebuah bangsa. Ucapan Bung Karno itu pun menjadi kutipan legenda hingga saat ini.



"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia". Begitu bunyi kalimat yang diucapkan Sang Proklamator Kemerdekaan RI.

Berikut ini 3 organisasi pemuda tertua yang berdiri setelah Indonesia Merdeka

1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
3 Organisasi Pemuda Tertua yang Berdiri Setelah Indonesia Merdeka

HMI. FOTO/DOK.SINDOnews

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan di Yogyakarta pada 15 Februari 1947. Sebelum lahirnya HMI lebih dulu hadir Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta (PMY) pada 1946 yang beranggotakan mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

HMI pertama kali dimunculkan atas inisiatif dari Lafran Pane, mahasiswa semester 1 Fakultas Hukum Sekolah Tinggi Islam (STI) yang saat ini dikenal dengan Universitas Islam Indonesia (UII). Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk membina insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernapaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah subhanahu wata'ala.

2. Pemuda Pancasila (PP)
3 Organisasi Pemuda Tertua yang Berdiri Setelah Indonesia Merdeka

Pemuda Pancasila. Foto/DOK.SINDOnews

Pemuda Pancasila merupakan organisasi pemuda Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Pada 1981 organisasi ini dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Pemuda Pancasila didirikan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintahan Orde Baru di bawah Presiden Soeharto. Pemuda Pancasila dibentuk dengan berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara.

Pemuda Pancasila lahir dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yang merupakan sayap politik para petinggi militer yang masih aktif menjalankan dinas. Tokoh pendirinya meliputi A Yani, AH. Nasution, Gatot Subroto, dan lainnya.

Organisasi Pemuda Pancasila mulai beroperasi pada 1965 dan masih aktif hingga saat ini. Jumlah anggota nasional dari organisasi kepemudaan ini pada 2012 mencapai 3 juta dan diperkirakan saat ini mencapai 10 juta jika dihitung dari akhir 1990-an.

3. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
3 Organisasi Pemuda Tertua yang Berdiri Setelah Indonesia Merdeka

PMII. FOTO/SINDOnews

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) adalah organisasi pemuda Islam yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). PMII lahir dari Departemen Pengurus Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

PMII didirikan untuk menyatukan banyaknya organisasi mahasiswa NU yang muncul pada 1950. Seperti halnya NU, PMII mengambil ideologi Ahlussunnah wal Jama’ah. Tujuan pendidikan PMII adalah membantu dan memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

PMII didirikan pada17 April 1960 di Surabaya dan hingga kini masih aktif.

MG/Ni Made Susilawati
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)