alexametrics

Kritik Menteri Jokowi, Amien Rais: Mereka Seperti di Angkasa Luar

loading...
Kritik Menteri Jokowi, Amien Rais: Mereka Seperti di Angkasa Luar
Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Mantan Ketua MPR Amien Rais menilai banyak menteri Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang tidak memahami kondisi kehidupan masyarakat yang kembang kepis.

Menurut Amien, sebelum pandemi saja, kehidupan masyarakat sudah susah. Berbeda dengan para menteri. "Mereka itu kehidupannya seperti di angkasa luar, selalu enak ya di zona comfort, istilahnya orang sekarang itu," kata Amien dalam video di akun Instagram, amienraisofficial, Jumat (3/7/2020). (Baca juga: Amien Rais: Banyak Menteri Tidak Paham Kondisi Rakyat)

Sebelum menjadi menteri, kata dia, mereka bisa melakukan ke luar negeri berkali-kali, makan enak di restoran-restoran yang mahal, menginap di hotel bintang lima dan lain lain.

"Tiba-tiba direkrut menjadi menteri-menteri yang semestinya mementingkan kepentingan bangsanya, rakyatnya yang terlebih dahulu, daripada kepentingan dirinya sendiri. Nah saya lihat itu tidak terjadi," tuturnya.



Amien mengungkapkan ada sejumlah warga mendatanginya. Mereka mengeluhkan kesulitan hidup. Ada seorang pemilik warung bernama Slamet mendatanginya. Kesulitan hidup membuatnya sama sekali tidak memiliki simpanan uang.

Mengenai wacana perombakan atau reshuffle kabinet, Amien menyarankan mengangkat orang-orang yang memiliki watak kerakyatan.



"Carilah orang-orang, entah itu dari parpol atau kalangan swasta lain atau kalangan kampus, tapi mereka harus punya watak kerakyaktan yang mendalam, yang betul betul posomua itu bukan untuk memperkarya diri seperti para penguasa itu, yang sudah salah kaprah itu," tutur pendiri Partai Amanat Nasional itu.

Menurut dia, jangan mengangkat menteri yang berorientasi memperkaya diri, tapi yang betul-betul berorientasi kepada rakyat. "Yang betul-betul posisinya itu bukan untuk memperkarya diri, seperti para pengusaha itu, yang sudah salah kaprah itu," katanya.
(dam)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak