Joe Biden Umumkan Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir, Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa

Selasa, 20 September 2022 - 10:54 WIB
loading...
Joe Biden Umumkan Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir, Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 di AS sudah berakhir. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 di negaranya sudah berakhir meskipun jumlah warganya yang meninggal dunia terus meningkat. Pernyataan Joe Biden itu pun ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ).

Jokowi mengatakan tidak ingin tergesa-gesa atau terburu-buru dalam mengumumkan status pandemi Covid-19 di Tanah Air. Dirinya mengingatkan agar selalu tetap waspada.

"Kalau untuk Indonesia saya kira kita harus hati-hati, tetap harus waspada, tidak usah harus tergesa-gesa, tidak usah harus segera menyatakan bahwa pandemi itu sudah selesai saya kira hati-hati," ujar Jokowi kepada wartawan, Selasa (20/9/2022).





Jokowi menjelaskan bahwa berhenti atau tidaknya pandemi di suatu negara ditentukan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO. "Pandemi ini kan terjadi di seluruh negara di dunia, dan yang bisa memberikan statement menyatakan pandemi itu selesai itu adalah WHO," jelasnya.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap hati-hati dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, dirinya menyebut ada dua negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Ada di satu-dua negara yang sekarang ini juga Covid-19 nya mulai bangkit naik hati-hati, kehati-hatian itu yang sangat kita perlukan," ungkapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)