Dewan Pers Gelar Salat Gaib untuk Almarhum Azyumardi Azra

Senin, 19 September 2022 - 13:01 WIB
loading...
Dewan Pers Gelar Salat Gaib untuk Almarhum Azyumardi Azra
Dewan Pers menggelar salat gaib berjamaah atas meninggalnya Azyumardi Azra di Hall Dewan Pers Jalan Kebon Sirih No 32-34 Jakarta, Senin (19/9/2022). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Dewan Pers menggelar salat gaib berjamaah atas meninggalnya Azyumardi Azra di Hall Dewan Pers Jalan Kebon Sirih No 32-34 Jakarta, Senin (19/9/2022). Ketua Dewan Pers 2022-2025 tersebut meninggal dunia di RS Malaysia, Minggu (18/9/2022) pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia.

Salat gaib diselenggarakan usai melakukan salat zuhur berjamaah pada pukul 12.35 WIB. Ketua Majelis Ulama Daerah (MUI) Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis bertindak sebagai imam salat gaib. Terlihat Kiai Cholil mengenakan baju koko berwarna putih dan peci berwarna hitam.

Puluhan orang yang terdiri dari konstituen Dewan Pers dan masyarakat umum makmum salat gaib berjamaah dengan khusyuk. Salah gaib pun diakhiri dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar Almarhum Prof Azra diterima amal dan pahalanya.



Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya menyampaikan duka sedalam-dalamnya atas meninggalnya Azyumardi Azra. "Kami sangat-sangat kehilangan dan dunia pers dunia sangat kehilangan, Indonesia kehilangan putra terbaik," katanya di Hall Dewan Pers, Jl Kebon Sirih No 32-34 Jakarta, Senin (19/9/2022).

Agung mengaku bersyukur pernah mendampingi Guru Besar UIN Jakarta di Dewan Pers. Kenangan yang diingat Agung, almarhum Azyumardi Azra tak pernah meninggalkan salat. "Satu kehormatan untuk bisa jalan-jalan mendampingi beliau. Kami takjub Beliau tidak pernah meninggalkan salat," kata Agung.

"Kami bersyukur dalam waktu cukup singkat bisa setiap waktu berinteraksi bersama beliau. Saya yakin pasti banyak ilmu yang kami dapatkan," katanya.

Baca juga: Mahfud MD: Azyumardi Azra Jubir Nasionalisme Indonesia yang Tangguh

Agung mendoakan jasa almarhum Azyumardi Azra kepada bangsa, negara, dan masyarakat menjadi amal baik dan diberikan balasan pahala berlipat. Prof Azra akan dimakamkan di TMP Kalibata, tempat para tokoh yang berjasa terhadap Indonesia.

"Beliau akan dikuburkan di TMP Kalibata, beliau bukan kaleng-kaleng. Kita bersyukur bisa pernah berdampingan, dekat dengan almarhum," katanya. "Kita juga ikut menjadi orang baik. Mari sama-sama untuk menyampaikan doa kepada beliau. InsyaAllah husnul khatimah dan dapat surga," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.210#12.26)