Din Syamsuddin Sebut Prof Azra Pegang Teguh Prinsip Kebenaran

Minggu, 18 September 2022 - 18:18 WIB
loading...
Din Syamsuddin Sebut Prof Azra Pegang Teguh Prinsip Kebenaran
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015, Din Syamsuddin mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Prof Azyumardi Azra. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015, Din Syamsuddin mengucapkan belasungkawa atas wafatnya cendekiawan muslim Prof Azyumardi Azra. Prof Azra wafat di RS Malaysia, pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia, Minggu (18/9/2022).

"Kita semua merasa kehilangan atas kepergian ke rahmatullah Alm Prof Dr Azyumardi Azra. Kepergian Almarhum merupakan kehilangan bagi bangsa Indonesia dan Dunia Islam," kata Din Syamsuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, almarhum adalah cendekiawan Muslim yang telah menebar hikmah kebijaksaan, dan ilmu pengetahuan yg bermanfaat bagi pembangunan peradaban utama di Dunia Islam.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

Bahkan Din mengenal almarhum Azra sejak lama. Mulai dari teman seangkatan di IAIN (kini UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan sama-sama dikirim belajar ke Amerika Serikat untuk mengambil Program Magister dan Doktor.

Selain itu almarhum juga bersama dengannya duduk sebagai Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Selama itu saya mengenal almarhum sebagai sosok cendekiawan Muslim yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan, dan memiliki gairah tinggi untuk 'izzul Islam wal Muslimin," tuturnya.

Bahkan dirinya juga bersama dengan Prof Azra tengah merancang peresmian World Fulcrum of Wasatiyyah Islam (Poros Dunia Wasatiyyat Islam) pada Bulan November mendatang dan almarhum bersedia menjadi Wakil Ketua Dewan Eksekutif Poros Dunia.

Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk mengarusutamakan prinsip jalan tengah dari Indonesia ke Dunia Islam.

"Semoga segala ilmu pengetahuan dan pencerahan yang telah almarhum berikan menjadi amal jariah yang menghantarkannya ke jannatun na'im," ujar dia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)