Effendi Simbolon Minta Maaf, TNI AD: Lupakan, Mari Melangkah Bersama Bangun Bangsa

Rabu, 14 September 2022 - 14:12 WIB
loading...
Effendi Simbolon Minta Maaf, TNI AD: Lupakan, Mari Melangkah Bersama Bangun Bangsa
Kadispenad Kolonel Arh Hamim Tohari. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat ( Kadispenad ) Kolonel Arh Hamim Tohari menyambut baik permintaan maaf Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti gerombolan. Kadispenad mengajak semua pihak untuk melangkah bersama membangun bangsa dan negara.

"Dengan telah dilakukannya jumpa pers oleh Effendi Simbolon dan penyampaian permintaan maaf, maka marilah kita semuanya menjadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran untuk semuanya dalam berucap dan bersikap. Mari kita saling menghormati dan menghargai agar komitmen kita bersama untuk secara sinergi bekerja demi NKRI tidak ternodai," kata Hamim melalui keterangan tertulisnya, Rabu (14/9/2022).

"Kita harus segera melupakan perbedaan yang terjadi dan melangkah bersama-sama membangun negara dan bangsa dalam soliditas yang kuat," katanya.

Baca juga: Effendi Simbolon Minta Maaf Sebut TNI Seperti Gerombolan

Hamim mengakuia, dalam beberapa hari lalu ada sejumlah prajurit TNI, purnawirawan, dan masyarakat sipil yang menyampaikan protes atas pernyataan Effendi Simbolon melalui video yang diunggah ke sosial media. Hal tersebut, kata Hamim, bisa saja terjadi sebagai reaksi spontan atas pernyataan seorang tokoh di ruang publik.

"Video dari prajurit maupun masyarakat yang beredar, mungkin saja terjadi sebagai reaksi spontan atas pernyataan seorang tokoh di ruang publik yang dianggap memancing kegaduhan," ucapnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, kata Hamim, dirinya menyadari tindakan Effendi Simbolon tidak mewakili institusi DPR atau partai politik, melainkan sikap individu.

"Kepala Staf Angkatan Darat menyadari sepenuhnya bahwa itu bukanlah tindakan yang mewakili institusi DPR atau partai politik, melainkan sikap individu seseorang. Oleh karenanya, secara internal Kepala Staf Angkatan Darat juga menghimbau para prajurit untuk tidak bereaksi berlebihan," kata Hamim.

Baca juga: Effendi Simbolon Temui Panglima TNI Minta Maaf, KSAD Dudung Belum Respons
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)