Potret Lawas Ratu Elizabeth II Terima Pak Harto dan Ibu Tien di Istana Buckingham

Jum'at, 09 September 2022 - 07:52 WIB
loading...
Potret Lawas Ratu Elizabeth II Terima Pak Harto dan Ibu Tien di Istana Buckingham
Ratu Elizabeth II didampingi mendiang Pangeran Philip menyambut Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto pada 1979. Foto/IG cendanaarchives
A A A
JAKARTA - Awan duka menyelimuti Inggris. Ratu Elizabeth II , sang penguasa takhta Kerajaan Inggris meninggal dunia pada Jumat (9/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu yang telah bertakhta selama 70 tahun menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 96 tahun. Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II diumumkan pihak Istana Buckingham Palace di akun Twitternya. Baca juga: 10 Fakta Mengejutkan Ratu Elizabeth II yang Tidak Diketahui



Selama hidupnya, berbagai tugas kenegaraan dijalani Ratu Elizabeth II bersama mendiang Pangeran Philip. Ratu menerima tamu kehormatan dari berbagai negara, tak terkecuali dari Indonesia.

Potret lawas menunjukkan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II menerima kunjungan Presiden ke-2 RI Soeharto di Istana Buckingham pada 1979. Turut serta bersama Pak Harto, Ibu Negara Siti Hartinah alias Tien Soeharto.

“Pak Harto & Ibu Tien bertemu dengan Ratu Elizabeth II & Pangeran Phillip di Istana Buckingham, London -1979,” bunyi keterangan foto yang diunggah akun instagram cendana.archives dikutip, Jumat (9/9/2022).

Kantor berita Antara sebagaimana disadur laman Soeharto menyatakan, Presiden dan lbu Tien Soeharto tiba pukul 11.25 GMT atau 18.25 WIB di Bandara Gatwick, London, 13 November 1979. Mereka disambut Puteri Alexandra yang mewakili Ratu Elizabeth.

Begitu pesawat B-707 yang membawa Kepala Negara berhenti, Dubes RI di London, Saleh Basarah dan istri menaiki tangga pesawat untuk menyampaikan ucapan selamat datang. Dari Gatwick, rombongan menaiki kereta api kerajaan menuju Victoria.

Tiba di stasiun kereta Victoria, Pak Harto yang mengenakan pakaian warna gelap dan peci disambut Ratu Elizabeth II yang mengenakan mantel hijau tua dengan kaus tangan hitam. Sementara itu Pangeran Philip menyalami Ibu Tien Soeharto.

Sebelumnya Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II berada dalam pengawasan medis karena para dokter "khawatir akan kesehatan Yang Mulia". Kabar itu muncul ketika anggota keluarga kerajaan Inggris melakukan perjalanan bersama ratu berusia 96 tahun itu di Skotlandia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)