Sirkulasi Siklonik, 34 Kota Besar Indonesia Diprakirakan Berawan hingga Hujan Lebat

Selasa, 06 September 2022 - 06:29 WIB
loading...
Sirkulasi Siklonik, 34 Kota Besar Indonesia Diprakirakan Berawan hingga Hujan Lebat
Fenomena sirkulasi siklonik menyebabkan cuaca di 34 kota besar di Indonesia cenderung berawan hingga hujan lebat. Bahkan kebanyakan kota tersebut diprediksi hujan pada Selasa (6/9/2022). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih melihat adanya fenomena sirkulasi siklonik di Samudera Hindia, barat daya Lampung, Kalimantan Barat dan Sulawesi bagian barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang hingga ke Papua.

Kondisi ini menyebabkan cuaca di 34 kota besar di Indonesia cenderung berawan hingga hujan lebat. Bahkan kebanyakan kota tersebut diprediksi hujan pada Selasa (6/9/2022). Baca juga: Bahas Kekuatan Kopassus, LB Moerdani ke Sintong Panjaitan: Kamu Jangan Ngajari Saya!

"Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia, barat daya Lampung, di Kalimantan Barat, di laut Sulawesi bagian barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia, barat daya Lampung, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Timur, dan juga di Sulawesi bagian tengah. Daerah konvergensi juga terpantau di Samudera Hindia barat daya Bengkulu, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Laut Cina Selatan, Laut Jawa bagian timur, perairan Utara NTB, Laut Seram dan juga Papua," ujar Prakirawan BMKG Marlina Nababan di akun Instagram BMKG @infobmkg, yang dikutip MNC Portal, Senin (5/9/2022).

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang daerah konvergensi tersebut," sambungnya.

Untuk wilayah Sumatera, Marlina menjelaskan wilayah Pangkalpinang dan Palembang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan untuk wilayah Bandar Lampung diprakirakan berkabut. Untuk wilayah Padang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, wilayah Bengkulu dan juga Jambi karena diprakirakan hujan disertai petir.

Selanjutnya wilayah Banda Aceh diperkirakan berawan, sedangkan Medan dan juga Pekanbaru diparkirakan hujan dengan intensitas ringan. "Waspada untuk wilayah Tanjung Pinang karena diprakirakan hujan disertai petir," ucapnya.

Di wilayah Pulau Jawa, Marlina menguraikan Serang dan Jakarta diprakirakan berawan, sedangkan wilayah Bandung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Untuk wilayah Surabaya diprakirakan cerah berawan, Yogyakarta diprakirakan berawan tebal, sedangkan untuk wilayah Semarang hujan dengan intensitas ringan.

Untuk wilayah Kalimantan, kata Marlina, wilayah Palangkaraya dan Samarinda diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan untuk wilayah Pontianak diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Selanjutnya, lanjut dia, untuk wilayah Sulawesi, wilayah Gorontalo dan juga Makassar hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk wilayah Palu diprakirakan hujan dengan intensitas sedang, dan untuk wilayah Kendari berawan.

"Sedangkan untuk wilayah Mamuju waspada karena diprakirakan hujan dengan intensitas lebat, serta sobat juga yang berada di wilayah Manado waspada karena diprakirakan hujan yang disertai petir," papar Marlina.

Marlina menambahkan di wilayah Denpasar dan juga Kupang diprakirakan berawan, sedangkan untuk wilayah Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas sedang. Baca juga: Penjelasan BMKG Terkait Masih Terjadi Hujan di Musim Kemarau

"Selanjutnya ke wilayah timur Indonesia. Ternate dan juga Jayapura diprakirakan berawan, sedangkan Manokwari dan juga Ambon diprakirakan hujan dengan intensitas ringan," tutupnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2280 seconds (11.210#12.26)