Profil Sudharmono, Mantan Mensesneg yang Menjadi Wapres

Minggu, 04 September 2022 - 15:37 WIB
loading...
Profil Sudharmono, Mantan Mensesneg yang Menjadi Wapres
Wapres ke-5 RI Sudharmono. Foto/wapresri.go.id
A A A
JAKARTA - Sudharmono merupakan Wakil Presiden ke-5 RI. Sebelum menjadi wapres mendampingi Soeharto, Sudharmono menjabat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Pria yang akrab dipanggil Pak Dharmono ini lahir di Cerme, Gresik, Jawa Timur, 12 Maret 1927. Berlatar belakang militer, Sudharmono memulai kiprahnya sejak zaman Perang Kemerdekaan, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sudharmono bergabung dengan Divisi Ronggolawe, berpangkat kapten. Dia menjadi pemimpin pasukan di Divisi Ronggolawe tersebut.

Setelah perang, Sudharmono menimba ilmu di Perguruan Tinggi Hukum Militer (PTHM) pada 1962, hingga meraih gelar Sarjana Hukum. Setelah itu, Sudharmono sempat bertugas sebagai jaksa tentara. Pangkat terakhir Sudharmono adalah Letnan Jenderal.

Sudharmono menjadi Sekretaris Kabinet merangkap Sekretaris Dewan Stabilitas Ekonomi (1966-1972). Sebelum menjadi wapres, Sudharmono merupakan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) pada 1973-1988. Sudharmono juga memimpin Golkar pada 1983-1988.



Sebelum Sudharmono terpilih menjadi wapres pada Maret 1988, dinamika politik terjadi. Hal ini lantaran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kala itu memiliki 93 kursi di MPR, mencalonkan H Jaelani Naro sebagai wakil presiden. Setelah melalui proses lobi politik, akhirnya pencalonan tersebut ditarik oleh Fraksi Persatuan Pembangunan. Sudharmono pun terpilih menjadi wapres periode 1988-1993, mendampingi Soeharto.



Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, saat menjabat wapres, Sudharmono membuat Tromol Pos 5000 sebagai sarana pengawasan masyarakat. Sudharmono meninggal dunia pada 25 Januari 2006 setelah menjalani perawatan selama dua pekan di Rumah Sakit MMC, Jakarta. Keesokan harinya, jenazah Sudharmono dimakamkan di TMP Kalibata dengan pimpinan upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)