Profil Alex Ruyaweri, Jenderal Papua Merdeka yang Memilih Kembali ke NKRI

Kamis, 01 September 2022 - 17:56 WIB
loading...
Profil Alex Ruyaweri, Jenderal Papua Merdeka yang Memilih Kembali ke NKRI
Alex Ruyaweri, nama yang asing di telinga masyarakat. Foto DOK Humas Polri
A A A
JAKARTA - Alex Ruyaweri, nama yang asing di telinga masyarakat. Padahal, dia adalah salah satu tokoh sentral dalam gerakan Pembebasan Papua Barat yang terjadi beberapa waktu lalu di Indonesia.

Pemilik nama lengkap Alex Ruyaweri Yessi Makabori merupakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNP-PB) yang berada di wilayah Tabi.

Baca juga : Inpres Percepatan Pembangunan Papua-Papua Barat Direspons Stafsus Presiden

Pria yang telah berusia 70 tahun itu menyatakan diri untuk kembali bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sembari mencium Bendera Merah Putih Alex Ruyawerri mengungkapkan pernyataan tersebut di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura.

Dilansir dari inews, bergabungnya kembali sang tentara pembebasan ini dibuktikan dengan menyerahkan sejumlah dokumen TPN-PB yang berupa baju loreng berpangkat jenderal bintang tiga serta peluru hampa 20 butir.

Penyerahan ini diterima langsung oleh Kanit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Ipda Dhanel Zeth Rumpaidus.

Setelah melakukan prosesi ini Alex Ruyawerri langsung disambut oleh sukacita dari pihak keluarga. Karena sebelumnya pihak keluarga sempat meminta Polres Jayapura untuk membina orang tuanya.

Permintaan ini dibuat oleh sang anak Erik Makabori yang telah membuat surat pernyataan yang ditujak pada AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizka.

Baca juga : Virtual, Kominfo Ingatkan NKRI adalah Negara Kepulauan

Selain surat pernyataan yang dibuat oleh anak kandung Alex Ruyaweri itu, terdapat pula Surat Perintah yang dibuat pada 14 Februari 2022.

Alex juga telah menyatakan dengan tegas bahwa kembalinya dia ke pangkuan NKRI akan membantu dalam memberikan semua dokumen dan barang bukti yang dimilikinya dari TPN-PB.

Erik Makabori juga telah berterimakasih pada Polres Jayapura yang telah membina ayahnya dan berjanji untuk menjaga sang ayah supaya tidak terlibat lagi ke dalam gerakan tersebut.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1868 seconds (10.177#12.26)