Pengamat Apresiasi Kinerja Erick Thohir dan Dukungan Jokowi dalam Bersih-Bersih BUMN

Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:16 WIB
loading...
Pengamat Apresiasi Kinerja Erick Thohir dan Dukungan Jokowi dalam Bersih-Bersih BUMN
Upaya Menteri BUMN Erick Thohir terkait program bersih-bersih BUMN dan bekerja sama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dinilai memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Upaya Menteri BUMN Erick Thohir terkait program bersih-bersih BUMN dan bekerja sama dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dinilai memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Ikhtiar itu dianggap tidak hanya berpengaruh terhadap internal di perusahaan-perusahaan pelat merah, termasuk juga dalam upaya pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

“Apa yang sudah dilakukan Erick Thohir dengan menggandeng Kejaksaan Agung memiliki daya gertak bagi seluruh petinggi dan karyawan BUMN,” ujar Peneliti dari Institut Riset Indonesia Wildan Hakim dihubungi wartawan, Kamis (18/8/2022).

Dia juga menilai dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki dampak besar terhadap pemberantasan korupsi, terutama di sektor BUMN. Diketahui, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD beberapa waktu lalu, Jokowi memberikan apresiasi terhadap penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, terutama di perusahaan pelat merah.





Wildan yang juga Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia itu berpendapat bahwa jelang masa jabatan, Jokowi bersama Erick Thohir perlu memeriksa ulang BUMN yang punya masalah keuangan, termasuk memiliki potensi kasus korupsi. Menurutnya, pemusatan perhatian pada BUMN sangat diperlukan karena BUMN merupakan sumber pendapatan negara.

“Jokowi dan Erick Thohir harus makin mahir menjelang garis akhir. Mahir memetakan masalah dan penanganannya. Plus memastikan aparat penegak hukum yang bertugas juga bertindak profesional. Dengan begitu, dukungan nyata Jokowi dalam pemberantasan korupsi di semua lembaga pemerintahan dan BUMN akan terasa,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa pernyataan Jokowi dalam sidang tahunan, terutama terkait pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, menjadi sikap tegas sebagai Presiden. “Pernyataan Jokowi dalam sidang tahunan kemarin itu merupakan sikap tegas dia sebagai presiden. Pemberantasan korupsi di Indonesia akan menjadi isu utama dari tahun ke tahun,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)