Momen Tim Pancasila Sakti Turunkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:05 WIB
loading...
Momen Tim Pancasila Sakti Turunkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka
Usai diturunkan, Sang Merah Putih diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Bendera Pusaka Sang Merah Putih telah diturunkan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Bendera Pusaka Sang Merah Putih diturunkan oleh Tim Pancasila Sakti.

Usai diturunkan, Sang Merah Putih diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bendera yang diserahkan oleh Paskibraka itu langsung diletakkan di kotak berwarna cokelat oleh Presiden Jokowi.

Bendera merah putih dan teks proklamasi yang telah dibacakan langsung dibawa dengan prosesi kirab menuju Monumen Nasional (Monas). Dalam Tim Pancasila Sakti, Ayumi Putri Sasaki yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nanti diturunkan.





Tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo yang saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri. Adapun Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya kembali bertindak sebagai Perwira Upacara.

Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)