Juara ASEAN Para Games, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kesejahteraan Atlet Difabel

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:47 WIB
loading...
Juara ASEAN Para Games, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kesejahteraan Atlet Difabel
Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Moh Haerul Amri mengapresiasi capaian prestasi yang diraih para atlet difabel Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Moh Haerul Amri mengapresiasi capaian prestasi yang diraih para atlet difabel Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022 . Indonesia berhasil menjadi juara umum setelah merebut 425 medali dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

"Kita mengapresiasi dan merasa bangga dengan prestasi yang didapatkan para atlet difabel Indonesia. Predikat juara umum di ajang ASEAN Para Games merupakan sejarah bagi Indonesia," ujar Haerul dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/8/2022).

Pria yang akrab disapa Aam itu menilai, capaian yang diraih merupakan kerja keras para atlet dan telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Atas prestasi yang dicapai pun patut diberikan penghargaan yang layak dan setimpal.

Pemerintah, kataa Aam, harus memberikan bonus yang sesuai agar para atlet bisa lebih bersemangat dan berprestasi lagi. "Jika perlu bonusnya ditambahkan dan cepat dicairkan, supaya para atlet lebih bersemangat untuk meningkatkan prestasinya," usulnya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah bisa lebih memerhatikan masa depan para atlet difabel dan keluarganya. Bukti perhatian itu bisa memberikan peluang bagi atlet difabel untuk masuk PNS (pegawai negeri sipil) dan lainnya.

Hak atlet difabel, sebut Aam, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan seperti hak pembinaan, pengembangan, serta kesejahteraan olahragawan penyandang disabilitas.

Anggota Komisi X DPR ini juga mendorong kepada pemerintah pusat maupun daerah agar menyediakan fasilitas sarana dan prasarana bagi atlet difabel. Para atlet penyandang disabilitas harus mendapat hak yang sama dengan atlet lainnya.

"Penyandang disabilitas masih tetap bisa berprestasi jika diberikan ruang, kesempatan dan fasilitas yang memadai. Karena itu, pemerintah harus menyediakan fasilitasnya," imbuh dia.

Agar Indonesia bisa mempertahankan gelar juara umum di penyelenggaraan ASEAN Para Games tahun 2023 di Kamboja, Sekjen Garda Pemuda Nasdem itu mengajak seluruh stakeholder untuk mendukung pembinaan atlet penyandang disabilitas.

"Mari kita fokus untuk pembinaan atlet di ajang berikutnya. Saya yakin putra putri terbaik Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa di negara lain," ucapnya yakin. Baca juga: Mahasiswi Undip Sumbang Emas dan Perak di ASEAN Para Games 2022, Ini Kisahnya

Perlu diketahui, Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2022 diselenggarakan di Surakarta, Indonesia dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)