Termasuk Bung Hatta dan Ibu Tien Soeharto, Pahlawan Nasional Ini Lahir Bulan Agustus

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 02:30 WIB
loading...
Termasuk Bung Hatta dan Ibu Tien Soeharto, Pahlawan Nasional Ini Lahir Bulan Agustus
Sejumlah tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional lahir pada bulan Agustus. Di antara mereka ada nama Bung Hatta dan Ibu Tien Soeharto. Foto/direktoratk2krs.kemsos.go.id
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional lahir pada bulan Agustus. Di antara mereka ada nama Bung Hatta dan Ibu Tien Soeharto .

Agustus merupakan bulan kedelapan dalam kalender masehi. Pada bulan ini, sejumlah tokoh nasional lahir. Para tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tersebut berasal dari berbagai daerah.

Dikutip dari laman direktoratk2krs.kemsos.go.id, ada sejumlah Pahlawan Nasional yang lahir pada bulan Agustus. Berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat lima tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tersebut:

1. KH Ahmad Dahlan

KH Ahmad Dahlan lahir pada 1 Agustus 1868 di Yogyakarta. Ahmad Dahlan merupakan ulama yang mendirikan Muhammadiyah pada 18 November 1912.

Ahmad Dahlan meninggal dunia di Yogyakarta pada 23 Februari 1923. Jenazahnya dimakamkan di Brontokusuman, Mergangsang, Yogyakarta.

Ahmad Dahlan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Nomor 657 Tahun 1961 tertanggal 27 Desember 1961.

2. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau lebih dikenal dengan sapaan Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 12 Agustus 1902. Bersama Soekarno atau Bung Karno, Bung Hatta merupakan Proklamator RI pada 17 Agustus 1945.

Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, pada tahun 1945 Hatta secara aklamasi diangkat sebagai wakil presiden pertama RI. Sebelumnya, Bung Karno juga diangkat secara aklamasi menjadi presiden RI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)