Jurnalis KORAN SINDO Raih Juara 1 Anugerah Jurnalistik Apkasi 2022

Jum'at, 22 Juli 2022 - 18:13 WIB
loading...
Jurnalis KORAN SINDO Raih Juara 1 Anugerah Jurnalistik Apkasi 2022
Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu menerima Piala Juara 1 Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2022. Foto/Panitia AJA 2022
A A A
JAKARTA - Jurnalis KORAN SINDO Sabir Laluhu kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, Sabir meraih Juara 1 kategori media cetak Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2022.

AJA merupakan lomba bagi insan pers di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Sebelumnya, Sabir telah beberapa penghargaan karya jurnalistik. Beberapa di antaranya yaitu Juara III Kategori Media Cetak Teritori DKI Jakarta Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021, Terbaik III Kategori Jurnalis Media Online Anugerah Konstitusi 2021 Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Juara 2 Kategori Opini Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2021 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).



Berita yang mengantarkan Sabir menyabet predikat juara 1 berjudul "Perkuat Investasi Ekonomi Kerakyatan". Berita tersebut diterbitkan KORAN SINDO edisi Selasa, 21 Juni 2022.

"Penghargaan AJA 2022 ini membuktikan kualitas isi pemberitaan dan grafis KORAN SINDO. Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran redaksi KORAN SINDO yang bekerja keras hingga berita tersebut bisa terbit dan akhirnya saya bisa jadi juara 1," tegas Sabir Laluhu.

Sabir menjelaskan, berita berjudul "Perkuat Investasi Ekonomi Kerakyatan" disajikan dengan menggunakan tiga narasumber. Dua di antaranya adalah Wakil Ketua Umum Apkasi Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain dan Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara.

Secara umum, fokus isi berita tersebut adalah penguatan investasi di daerah-daerah dengan berpijak pada ekonomi kerakyatan dan pro rakyat. Semua investasi baik yang berasal dari dalam negeri (PMDN) maupun luar negeri (PMN) seharusnya muaranya adalah kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

"Berita ini juga bukti betapa kami KORAN SINDO dan karya jurnalistik yang kami hadirkan berpihak pada masyarakat. Agar, setiap investasi dan inovasi yang dilakukan pemerintah daerah tidak boleh mengorbankan masyarakat. Manfaat investasi harus benar-benar dirasakan masyarakat," tandas Sabir.



Penyerahan penghargaan Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2022 berlangsung di Hall B Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jumat (22/8/2022) sore, bertepatan dengan penutupan Apkasi Otonomi Expo (AEO) 2022. Dua kategori yang dilombakan, yaitu media cetak dan media online.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh oleh Sekretaris Jenderal Apkasi Adnan Purichta Ichsan dan didamping oleh Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang. "Terima kasih sudah bantu daerah (Apkasi) untuk memberitakan tentang investasi di daerah. Tetap semangat dan berkarya. Jangan lupa, tahun depan ikut lagi," ujar Adnan saat penyerahan piala dan hadiah.

Sarman Simanjorang menuturkan, AJA merupakan salah satu program di Apkasi Otonomi Expo (AEO). Sebelumnya kata dia, AJA juga sukses diselenggarakan pada tahun lalu sehingga menjadi patokan Apkasi untuk menyelenggarakan kembali pada tahun 2022. Apalagi, minat para jurnalis dari berbagai daerah pada 2022 ini untuk mengikuti lomba karya jurnalistik di Apkasi sangat besar.

Menurut Sarman, kegiatan AJA termasuk AJA 2022 merupakan salah satu bentuk apresiasi Apkasi kepada insan pers dan media massa, sebagai mitra strategis dalam bersama-sama mendukung membangun bangsa dan negara tercinta indonesia.

"Terutama bagi pemkab-pemkab di daerah, peran pers sangat penting dalam menyampaikan informasi serta memberikan kritik yang membangun, sehingga bisa terjalin hubungan harmonis antar instansi dan masyarakat yang harmonis. Kami berharap, melalui program AJA, insan pers dan media nasional akan menambah hubungan yang lebih harmonis serta meningkatkan kualitas kerja dalam mendukung pembangunan. Kami akan berusaha untuk terus melanjutkan kegiatan AJA pada tahun mendatang," ujar Sarman.

Secara keseluruhan,pemenang AJA 2022 untuk kategori media cetak adalah Juara 1: Sabir Laluhu dari Koran Sindo, Juara 2: I Made Dwija Putera dari Radar Bali (Jawa Pos Group), dan Juara III: Al Azhar (Harian Umum Enim Ekspres). Sedangkan kategori media yakni Juara 1: Debbie Sutrisno dari IDNTimes.com, Juara 2: Siti Masudah Isnawati dari Suaramerdeka.com, dan Juara 3: Aditya Akbarsyah dari Pantaulampung.com.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)