Puncak Haji Akbar, Jamaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam Tiga Tahap

Jum'at, 08 Juli 2022 - 09:16 WIB
loading...
Puncak Haji Akbar, Jamaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam Tiga Tahap
Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Mukhammad Khanif mengatakan, bahwa jamaah haji Indonesia telah mulai diberangkatkan dari Makkah menuju ke Arafah. Foto/Ilustrasi/REUTERS
A A A
JAKARTA - Jamaah haji Indonesia telah mulai diberangkatkan dari Makkah menuju ke Arafah dalam tiga trip atau tahap sejak Kamis 7 Juli 2022. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Mukhammad Khanif.

Trip pertama diberangkatkan mulai pukul 07.00 sampai 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Lalu tahap kedua pukul 10.00 sampai 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 sampai 17.00 WAS.



Khanif menjelaskan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jamaah haji di sektor.

Dengan begitu jamaah haji Indonesia diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS. Di mana seluruh jamaah haji sudah diberangkatkan dari Makkah ke Arafah.

"Insya Allah pukul 17.00 jamaah sudah berangkat semua dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jamaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," kata dia.

Selain itu, guna memastikan semua jamaah diberangkatkan ke Arafah, lanjutnya petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jamaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jamaah telah berangkat ke Arafah.

Kemudian usai dinyatakan tidak ada lagi jamaah di Mekkah. Baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah. Terakhir, Khanif berharap agar jamaah haji selalu menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022.

"Jamaah diimbau untuk dapat membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)