Litbang Kompas Sebut Gen Z Pilih Capres dari Militer, Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi, Pengamat: Faktor Jokowi

Jum'at, 01 Juli 2022 - 19:35 WIB
loading...
Litbang Kompas Sebut Gen Z Pilih Capres dari Militer, Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi, Pengamat: Faktor Jokowi
Presiden Jokowi bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di kalangan Generasi Z, nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendapat elektabilitas tertinggi berdasar hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas yang telah dirilis pada Rabu 22 Juni 2022.

Dalam survei tersebut, Generasi Z memilih latar belakang capres pada Pemilu 2024 dari kalangan militer. Generasi Z adalah masyarakat Indonesia yang berusia di bawah 26 tahun. Dalam survei Litbang Kompas ini, generasi Z adalah mereka yang berusia 17 hingga 25 tahun.

Kendati begitu, tidak semua sosok yang memiliki latar belakang militer (TNI-Polri) secara otomatis punya elektabilitas tinggi. Contohnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.



Berdasarkan survei tersebut, pada responden generasi Z, Prabowo memiliki tingkat keterpilihan 28,9%. Sementara itu, di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dengan elektabilitas 23,1%.

Merespons hasil survei itu, Pengamat Politik Igor Dirgantara menilai hal tersebut salah satunya disebabkan adanya kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo yang sudah dimulai ketika mantan Danjen Kopassus ini menyetujui ajakan Presiden untuk bergabung di kabinet.



Bahkan, sebelum bergabung dalam satu kabinet dengan Jokowi, Igor menyatakan Prabowo adalah 'suporter utama' Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta 2012.

"Kedatangan putra Jokowi, Gibran Rakabuming, belajar naik kuda di Hambalang kemarin juga signal kuat silaturahmi antara Jokowi dan Prabowo juga akan terus berjalan. Karena Wali Kota Solo tersebut juga bakal di-support oleh Prabowo jika maju di Pilgub DKI Jakarta yang akan datang," kata Igor kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Selain itu, ia memandang sikap hormat Prabowo sebagai menteri pada Presiden Jokowi juga mendapat nilai lebih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)