Kader Berani Bicarakan Koalisi, Megawati: Out dari PDIP

Selasa, 21 Juni 2022 - 14:13 WIB
loading...
Kader Berani Bicarakan Koalisi, Megawati: Out dari PDIP
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan peringatan keras kepada kadernya saat Rakernas di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan peringatan keras kepada kadernya saat Rakernas di Sekolah Partai PDIP , Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Megawati meminta kadernya tidak berbicara mengenai koalisi karena tidak sesuai dengan sistem tata negara Indonesia.

Dalam pidatonya di hadapan Presiden Jokowi dan peserta Rakernas PDIP, Megawati menjelaskan bahwa tidak ada koalisi dalam sistem presidensial yang dianut Indonesia. "Kalau masih ada yang ngomong di PDI Perjuangan, urusan koalisi-koalisi, out! Berarti enggak ngerti sistem ketatanegaraan kita," kata Megawati.

Megawati mengungkapkan kebingungannya ketika para elite politik masih menggunakan istilah koalisi. Sebab, koalisi lumrah dilakukan di negara yang menganut sistem parlementer, yaitu ketika memilih perdana menteri.

"Akibatnya kan saya suka bingung. Bapak Presiden, kok bilang koalisi, koalisi, koalisi. Tidak ada, tidak ada, kalau kerja sama, yes," katanya.

Tak hanya itu, Megawati juga menyentil partai-partai yang lain yang menggunakan koalisi tersebut. Ia kembali menyinggung soal ketatanegaraan Indonesia yang sudah salah kaprah.

"Majority ada yang dari oposisi, kan gitu. Ada yang ngikut itu mesti ada hitungane. Suaramu piro, kursimu piro, maune jadi opo," kata Mega.

"Ini tata pemerintahan dan tata kenegaraan Republik Indonesia lho. Saya udah enggak tahan. Kok jadi gini piye di kita kan enggak," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)