Haul ke-51 Bung Karno, Laskar Ganjar-Puan dan Raja se-Nusantara Gelar Doa Kebangsaan

Jum'at, 10 Juni 2022 - 21:23 WIB
loading...
Haul ke-51 Bung Karno, Laskar Ganjar-Puan dan Raja se-Nusantara Gelar Doa Kebangsaan
Peringati Haul ke-51 Bung Karno, Laskar Ganjar-Puan (LGP) bersama Raja-raja se Nusantara akan menggelar doa kebangsaan di Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Laskar Ganjar-Puan (LGP) bersama Raja-raja se Nusantara menggelar doa kebangsaan di Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur pada Minggu, 19 Juni 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Haul ke-51 Bung Karno.

Ketua Umum Laskar Ganjar-Puan Nawang Andi Kusuma mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi kesiapan panitia naisonal maupun daerah. ”Ketua umum meminta kepada para pengurus DPP, DPD dan DPC Laskar Ganjar Puan untuk hadir dalam perhelatan tersebut, sekaligus melakukan ziarah ke makam Proklamator dan Bapak Bangsa, Bung Karno,” katanya, Jumat (10/6/2022).

Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Yani WSS Kuswodidjojo mengatakan, para Raja-raja Nusantara akan menggelar doa kebangsaan untuk keselamatan NKRI dan mendoakan bangsa ini mendapat anugerah dari Tuhan YME. Diberikan seorang pemimpin yang amanah, komitmen terhadap nilai-nilai ketuhanan, persatuan, dan kesatuan. Termasuk kesejahteraan, kemakmuran, dan tegaknya nilai-nilai budaya yang luhur. ”Para raja-raja berdoa hadirnya pemimpin baru Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di 2024,” katanya.



Yani menilai, kehadiran para raja-raja dalam kegiatan doa kebangsaan ini adalah komitmen kesejarahan yang terus berlanjut. Menurut dia, di masa pra kemerdekaan, para raja-raja mempercayakan Bung Karno untuk memimpin bangsa ini. ”Sudah saatnya pula para raja-raja ikut berkontribusi dalam kepemimpinan ke depan dan menyarankan dibentuknya kementerian adat kerajaan Nusantara sehingga Trisakti Bung Karno yang berkepribadian dalam kebudayaan bisa benar-benar terwujud di Bumi Nusantara," paparnya.

Selain raja-raja se-Nusantara doa kebangsaan dan Munas Laskar Ganjar - Puan di Kota Blitar ini rencananya akan dihadiri juga kepala suku dari Papua seperti Kepala Suku Arfak yang juga mantan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.



Di sisi lain, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar – Puan (LGP) Mochtar Mohamad mengungkapkan, hasil survei terbaru SMRC yang dirilis pada Kamis, 9 Juni 2022 terkait calon presiden (capres) 2024 diketahui bahwa Ganjar Pranowo meraih elektabilitas sebesar 30,3 %, Prabowo Subianto 27,3% dan Anies Baswesdan 22,6 %. Sementara yang menjawab tidak tahu 19,9%.

Sementara hasil survei lembaga Poltracking Indonesia di hari yang sama menyebutkan, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 30,6 %, Prabowo Subianto 26, 8%, dan Anies Baswedan 19,8%. "Dari potret kedua lembaga ini sangat jelas, Ganjar Pranowo bakal calon presiden yang akan dipilih oleh rakyat," ujarnya.

Mochtar Mohamad berpendapat, untuk mencapai kemenangan tiga kali beturut-turut atau hattrick dalam pilpres dan pileg, sangat tepat apabila PDIP memasangan kader ideologi Bung Karno yakni Ganjar Pranowo dengan kader biologis dan ideologis Bung Karno yakni, Puan Maharani. Keduanya merupakan kader terbaik PDIP yang akan menambah soliditas PDIP pada Pemilu 2024. "Semoga Rakernas PDIP pada 21-23 Juni 2022 akan semakin terlihat arahnya," imbuhnya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)