Dampak Potensi Hujan Lebat, 18 Provinsi Masuk Kategori Waspada Bencana Hidrometeorologi

Minggu, 05 Juni 2022 - 06:05 WIB
loading...
Dampak Potensi Hujan Lebat, 18 Provinsi Masuk Kategori Waspada Bencana Hidrometeorologi
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan 18 provinsi masuk kategori waspada bencana hidrometeorologi yakni banjir hingga banjir bandang dampak dari potensi hujan lebat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan 18 provinsi masuk kategori waspada bencana hidrometeorologi yakni banjir hingga banjir bandang dampak dari potensi hujan lebat. Ini berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Indonesia periode 5 sampai 6 Juni 2022.

Sementara itu, BMKG juga mengungkapkan saat ini sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda, Papua bagian Selatan yang membentuk daerah kontroversi memanjang dari Papua hingga Papua Barat.

Kemudian, terpantau daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari Bengkulu hingga Aceh, di Lampung bagian Barat, di Jawa Tengah bagian Selatan, di Kalimantan Barat bagian utara dan selatan, di Kalimantan Selatan.

Di Sulawesi bagian tengah dan di Laut Arafura serta di daerah pertemuan angin atau konfluensi di Selat Makassar bagian Selatan, di Kalimantan bagian selatan Pulau Jawa.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut,” kata BMKG.

Berikut 18 provinsi yang masuk kategori waspada terhadap bencana hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, dll) dampak dari potensi hujan lebat:

1. Aceh
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. DI Yogyakarta
5. Jawa Timur
6. Bali
7. Nusa Tenggara Barat
8. Nusa Tenggara Timur
9. Kalimantan Barat
10. Kalimantan Tengah
11. Kalimantan Selatan
12. Kalimantan Timur
13. Sulawesi Tengah
14. Sulawesi Selatan
15. Sulawesi Tenggara
16. Sulawesi Barat
17. Maluku
18. Papua
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)