Profil Mbah Asrori, Sang Ahli Sedekah Nasi Bungkus di Usia 100 Tahun

Kamis, 02 Juni 2022 - 15:28 WIB
loading...
Profil Mbah Asrori, Sang Ahli Sedekah Nasi Bungkus di Usia 100 Tahun
Mbah Asrori, Pria yang berusia 100 tahun di 2022 ini sempat viral dengan aksinya yang sering berbagi nasi bungkus, hingga dijuluki legenda sedekah. Foto: Dok Facebook Peduli Berbagi
A A A
JAKARTA - Mbah Asrori, Pria yang berusia 100 tahun di 2022 ini sempat viral dengan aksinya yang sering berbagi nasi bungkus , hingga dijuluki legenda sedekah .

Mbah Asrori merupakan warga Semarang . Dia kerap berkeliling setiap Jumat untuk membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan. Uniknya, di usianya yang sudah cukup renta ini dia masih tetap sehat dan tidak memiliki pantangan makan apapun.
Baca juga : Ngaji Keteladanan dari Sosok Mbah Moen

Bersumber dari kanal youtube Cinta Quran TV, Mbah Asrori pernah datang dalam sebuah acara bernama Amazing Muharram. Disana dia menjelaskan semua hal terkait kebiasaannya sedekah, hingga rahasia tetap sehat di umur yang sudah menyentuh 100 tahun.

Mbah Asrori ini melakukan sedekah setiap hari Jumat sebanyak 150 nasi bungkus. Terkadang bisa lebih tergantung uang yang dimilikinya. Tercatat, jumlah nasi bungkus yang dibagikan ini pernah mencapai hingga 300 bungkus.

Lantas, ketika ditanya dari manakah uang yang didapatkan untuk membeli ratusan nasi bungkus itu, Mbah Asrori hanya menjawabnya “Uang itu berasal dari Allah,” seperti dikutip.

Setelah itu, dia menjelaskan bahwa tujuannya berbagi nasi bungkus ini tidak lain hanya semata-mata untuk ibadah dan bersedekah karena Allah. Baca juga : Ada Keutamaan Menyembunyikan Sedekah

Profesi yang dikerjakan Mbah Asrori dulunya adalah seorang tukang pijat. Sedangkan saat ini, dia menjadi guru ngaji bagi anak-anak serta berfokus pada tujuannya berbagi. Dari kebiasan sedekahnya ini, dia hanya berharap untuk terus bisa mendapat kesehatan, keberkahan hidup, serta khusnul khotimah saat meninggal kelak.

Ketika ditanya mengenai tujuan kedepannya, dia menjawab tujuannya adalah menghabiskan sisa hidupnya untuk terus beribadah kepada Allah. Kemudian, dalam kehidupan pribadinya, Mbah Asrori ini diketahui memiliki tiga anak, sepuluh cucu, dan delapan buyut atau cicit.

Fakta lain yang diketahui adalah Mbah Asrori sudah melakukan kegiatan berbagi nasi bungkus sejak 30 tahun yang lalu. Pada awalnya sekitar 70 bungkus hingga saat ini menjadi ratusan bungkus. Menariknya, nasi bungkus yang dibagikan ini dibeli dari dagangan seorang janda di kampungnya. Secara tidak langsung, dia juga turut membantu tetangganya tersebut dengan melariskan dagangannya.

Tak hanya itu, Mbah Asrori juga sudah menunaikan ibadah haji serta beberapa kali melakukan umroh.

Dalam salah satu video di kanal youtube Gus In’am Official, Mbah Asrori membeberkan rahasia umur panjangnya. Dia mengatakan bahwa rahasianya adalah Al Qur’an. Amalan yang dilakukannya adalah membaca 2 ayat terakhir dari Surat Taubat serta ayat 56 dari Surat Al Ahzab. Masing-masing dibaca 7x setelah sholat.

Selain itu, walaupun usianya sudah menyentuh angka 100 tahun, Mbah Asrori juga mengikuti perkembangan zaman dan memiliki ponsel android. Suaranya pun masih sangat merdu saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Tak sampai disitu, Mbah Asrori juga masih bisa merokok.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3184 seconds (11.252#12.26)