Sahabat Ganjar Gali Potensi Siswa SMK di Solo Raya

Minggu, 22 Mei 2022 - 01:19 WIB
loading...
Sahabat Ganjar Gali Potensi Siswa SMK di Solo Raya
Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar menggelar lomba kejuruan siswa SMK Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) se-Solo Raya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar terus bergerak. Kali ini, merekamenggelar lomba kejuruan siswa SMK Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) se-Solo Raya.

Kegiatan bertema “Mempersiapkan Kompetensi SDM yang Berdaya Saing pada Era Society 5.0” itu digelar di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).Para pesertanya dari 18 SMK terbaik di Solo Raya yang meliputi Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, dan Klaten.

Diketahui, tujuan utama pendidikan kejuruan adalah memberikan keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan.

Maka itu, lulusan dari SMK diharapkan sudah siap untuk memasuki dunia kerja. Selain itu juga dapat mengembangkan sikap profesional, mampu memilih karier, mampu berkompetisi, dan mampu mengembangkan diri.

Hal ini yang kelak menjadi bekal para lulusan SMK menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.

Kegiatan lomba ini juga sekaligus diharapkan dapat meningkatkan daya saing siswa agar memilikijiwa yang tangguh, jujur, dan disiplin.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan harus terus dilaksanakan sebagai sarana melatih kemampuan generasi muda agar lebih berkompeten dan juga mengembangkan potensi diri masing-masing,” kata Wakil DPW Sahabat Ganjar Jawa Tengah Herson Rikumau.



Hadiah yang disiapkan oleh Sahabat Ganjar mencapai Rp15.000.000 plus piala dan sertifikat. Antusias peserta tinggi, terbukti dengan kuota pendaftaran yang langsung terisi penuh.

Peserta melalui dua tahap proses penilaian berupa penilaian teori dan esai, kemudian penilaian pada saat praktik. Para peserta mengapresiasi kegiatan Sahabat Ganjar ini dengan sukacita.

Febriyanto, salah satu peserta asal SMK Veteran 1 Sukoharjo, berterima kasih kepada Sahabat Ganjar serta tim yang mengadakan kegiatan seperti ini. "Dengan kegiatan ini telah memberi peluang khususnya jurusan TKJ untuk meningkatkan skill serta daya bersaing yang memang seharusnya dimiliki sebelum masuk ke dalam dunia kerja."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)