Sempat Dagang Asongan, Karier Jenderal TNI Ini Moncer karena Mirip Anak Presiden

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:18 WIB
loading...
Sempat Dagang Asongan, Karier Jenderal TNI Ini Moncer karena Mirip Anak Presiden
Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Nama Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur 15 November 1935 ini merupakan mantan Wakil Presiden (Wapres) ke 6 sekaligus tokoh militer yang disegani di Tanah Air.

Kiprahnya di dunia militer tak perlu diragukan, Try Sutrisno pernah menduduki sejumlah jabatan strategis khususnya di TNI Angkatan Darat (AD). Di antaranya, Kasdam XVI/Udayana, Pangdam IV/Sriwijaya, kemudian Pangdam Jaya/Jayakarta, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) hingga Panglima ABRI (Pangab).

Selama memimpin, anak ke 3 dari enam bersaudara ini terbilang sukses. Bahkan, ketika menghadapi pergolakan di sejumlah daerah seperti, Timor-Timor kini bernama Timor Leste dan kerusuhan massa dalam peristiwa Tanjung Priok, Jakarta Utara, Try Sutrisno mampu meredamnya.

Baca juga: Mayjen Kunto Arief Wibowo Putra Try Sutrisno Jabat Pangdam III Siliwangi

Moncernya karier militer mertua dari mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini tidak lepas dari dedikasi, kerja keras, dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas-tugas yang diembannya. Selain faktor tersebut di atas, ada hal menarik di balik kesuksesan Try Sutrisno di militer yakni, wajahnya yang mirip dengan Tommy Soeharto, putra dari Presiden ke-2 RI Soeharto.

Dikutip dari buku biografinya berjudul “Jenderal TNI Try Sutrisno Sosok Arek Suroboyo” yang diterbitkan Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) diceritakan, saat itu Presiden Soeharto tengah mencari ajudan baru untuk menggantikan Kolonel Suharso.

”Ketika itu, Soeharto meminta pada stafnya untuk menyiapkan seorang ajudan yang wajahnya mirip Tommy putranya. Setelah dicek ternyata yang mirip itu Try Sutrisno,” tulis buku tersebut dikutip SINDOnews, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Disambangi Try Sutrisno, Prabowo Subianto Cium Tangan

Sempat Dagang Asongan, Karier Jenderal TNI Ini Moncer karena Mirip Anak Presiden


Selain sesuai keinginan Presiden Soeharto, pengangkatan Try Sutrisno sebagai ajudan juga sesuai dengan prosedur dan kriteria di internal Angkatan Darat. Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI (Purn) Sayidiman Surjohadiprodjo mengaku, dirinya yang mengajukan Try Sutrisno sebagai calon ajudan Presiden Soeharto.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1340 seconds (10.177#12.26)