Demokrat Berharap Jokowi Bisa Berakhir Baik di 2024

Selasa, 17 Mei 2022 - 09:24 WIB
loading...
Demokrat Berharap Jokowi Bisa Berakhir Baik di 2024
Partai Demokrat mengingatkan potensi hard landing pemerintahan Presiden Jokowi bila kondisi ekonomi tidak segera diatasi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin terus menurun. Terakhir, Survei Indikator pada 15 Mei 2022 lalu menunjukkan angka trend kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi menempati angka 58,1 persen atau yang terendah sejak 2016 silam.

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat (PD) Herzaky Mahendra Putra berharap Presiden Jokowi bisa mengakhiri kekuasaan dengan tingkat kepuasan yang membaik.

"Survei ini merupakan gambaran sementara tapi kita melihat trend. Angka kepuasan masyarakat di bawah 60 persen ini terjadi saat ada varian Delta Covid-19. Ada 100 ribu lebih nyawa melayang akibat ketidaksigapan pemerintah dalam menangani kasus Delta Covid-19," ujar Herzaky, Selasa (17/5/2022).



Ia mengingatkan trend hard landing dengan angka kepuasan masyarakat di bawah 50 persen dapat berpeluang terjadi apabila pemerintah tidak tanggap dengan situasi ekonomi masyarakat saat ini.

"Perlu menjadi catatan, karena inikan sudah tahun kedelapan namun mirip-mirip saat seperti tahun pertama. Kita berharap kinerja pak Jokowi di saat landing nanti meningkat. Artinya perlu ada yang dievaluasi terkait kinerja pemerintah beberapa waktu terakhir," terang Herzaky.

Ia meminta pemerintah fokus ke sejumlah aspek yang menjadi perhatian masyarakat saat ini yakni naiknya harga kebutuhan pokok, inflasi, bantuan tidak merata, dan lapangan pekerjaan atau pengangguran.

"Ekonomi saat ini sebenarnya sudah ada perbaikan. Kami percaya dengan kinerja baik Jokowi dalam peduli dengan kebutuhan masyarakat. Namun ini yang menjadi perhatian adalah kerja-kerja dari kabinetnya yang harus memberikan dukungan optimal," tambah Herzaky Mahendra Putra.

Ia menyebutkan rasa optimisme masyarakat akan tumbuh apabila pemerintah bisa lekas tanggap terkait kebutuhan masyarakat yang saat ini dialami.

"Optimisme itu dapat dirasakan masyarakat apabila pemimpin memikirkan masyarakat nya. Kebijakan pemerintah ini harus sinkronisasi dari atas sampai bawah. Pak Presiden Jokowi bukan Superman yang bisa berjalan sendirian. Harus ada kekompakan dari seluruh pemangku kepentingan terkait," terang Herzaky.



Herzaky melihat apabila pemerintah fokus pada kebijakan yang meringankan ekonomi masyarakat dan menggencarkan pemulihan ekonomi nasional maka kepuasan rakyat terhadap kerja pemerintah bisa dipulihkan kembali.

"KSP harus memastikan kinerja menteri di bidang ekonomi lebih optimal. Sehingga harapan masyarakat agar Indonesia di 2024 di akhir kepemimpinan Jokowi landing dengan baik. Jangan terlalu cepat puas dengan kondisi yang ada saat ini, karena ekonomi kita belum pulih sepenuhnya," pungkas Herzaky
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)