Di Depan Joe Biden, Jokowi Ajak Angkat Gelas bagi Kemitraan ASEAN-AS

Sabtu, 14 Mei 2022 - 01:54 WIB
loading...
Di Depan Joe Biden, Jokowi Ajak Angkat Gelas bagi Kemitraan ASEAN-AS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kemitraan ASEAN - Amerika Serikat (AS) di tengah kondisi ketidakpastian dunia. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menekankan pentingnya kemitraan ASEAN - Amerika Serikat (AS) di tengah kondisi ketidakpastian dunia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pada Kamis 12 Mei 2022 malam waktu setempat atau Jumat 13 Mei 2022 pagi waktu Indonesia.

Dalam jamuan santap malam itu, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Dalam pernyataan pengantar toast, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian, dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," kata Jokowi sebagaimana rilis yang diterima media di Jakarta dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022).





Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sebelumnya, kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Presiden Biden yang kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan. Setelahnya, Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional. Presiden Jokowi kemudian menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)