Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

Selasa, 03 Mei 2022 - 00:05 WIB
loading...
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin 2 Mei 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jutaan umat Islam di dunia, termasuk di Indonesia, melaksanakan salat id berjamaah di masjid, alun-alun, dan tempat-tempat lainnya, Senin (2/5/2022). Mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri secara lebih bebas dibandingkan dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan media sosial, lokasi pelaksanaan salat id dipenuhi oleh jamaah. Dengan mengenakan baju terbaik, umat Islam, baik tua-muda, pria-wanita, hingga anak-anak, berduyun-duyun ke tempat yang telah ditentukan untuk melaksanakan salat sunat Idul Fitri.

"Setelah dua lebaran tidak boleh offline, lebaran kali ini seperti pelepas kangen yang luar biasa. Bagaimana suasana di tempat Anda?" tulis pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi di akun Twitternya, Senin (2/5/2022) malam.



Ismail Fahmi turut membagikan unggahan video dan foto di media sosial terkait pelaksanaan salat id dengan jumlah jamaah yang sangat banyak di sejumlah tempat. Berikut ini di antaranya:

1. Alun-Alun Selatan Yogyakarta
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

FOTO/TWITTER/AnurandhaJogja

Dalam video drone yang diunggah akun Anurandha tampak ribuan orang berjajar rapi melaksanakan salat id. Dua pohon beringin kembar yang berdiri di tengah alun-alun menjadi saksi kekhusukan umat Islam dalam melaksanakan salat sunat dua rekaat tersebut.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H! ???? hanskuuy_ ???? Alun-Alun Selatan Jogja," cuit Anurandha.

2. Jakarta International Stadium (JIS)
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

FOTO/TWITTER/bolangwebberll


Salah satu lokasi salat id yang cukup fenomenal adalah JIS. Ribuan umat Islam berkumpul melaksanakan salat id dengan latar stadion baru kebanggaan masyarakat DKI Jakarta. Hal ini bisa dilihat dari unggahan video akun abenk II.

"ied mubarak #Lebaran2022 #JIS," tulis akun Twitter Abenk II.

3. Lapangan Pahlawan Waingapu, Sumba Timur, NTB
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

FOTO/Instagram/sumba_drone

Salat id berjamaah yang diikuti ribuan umat Islam terjadi di Lapangan Pahlawan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto udara yang diunggah akun Instagram Sumba Drone menunjukkan puluhan shaf jamaah salat id berjajar rapi.

"Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443H/2022M. Di Lapangan Pahlawan Waingapu," tulis Sumba Drone di keterangan unggahannya, Senin (2/5/2022).

4. Waterfront Labuan Bajo
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

FOTO/TWITTER/alexjourneyID

Ribuan orang berkumpul di Waterfront Labuan Bajo untuk melaksanakan salat id berjamaah. Tempat ini merupakan ikon baru daerah wisata Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sengaja dikembangkan untuk mendukung pariwisata di Bajo.

"Suasana sholat Idulfitri di Waterfront Labuan Bajo pagi ini. Eid Mubarak to you and your family. Enjoy a blessed time during this Eid. #EidMubarak #LabuanBajo," tulis akun Twitter Alex Journey.

5. Denpasar, Bali
Bikin Merinding, Ini 5 Salat Id yang Diikuti Ribuan Jamaah

FOTO/TWITTER/even1508

Suasana Hari Raya Idul Fitri juga terasa di Bali. Dalam unggahan akun Twitter Even, umat Islam di Bali menggelar salat id berjamaah di sejumlah tempat, antara lain Masjid An Nur Jalan Diponegoro Denpasar, Masjid Suci Jalan Pulau Buru Denpasar. Menariknya, pelaksanaan salat sunat Idul Fitri dijaga oleh para pecalang.

"Sholat Idul Fitri di Bali dijaga oleh Pecalang. Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin," tulis Even.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2458 seconds (0.1#10.140)