Korlantas Perkirakan Banyak Pemudik Berangkat Usai Salat Id

Senin, 02 Mei 2022 - 06:46 WIB
loading...
Korlantas Perkirakan Banyak Pemudik Berangkat Usai Salat Id
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan lonjakan pemudik akan kembali terjadi pada malam takbir Hari Raya Idul Fitri dan setelah ibadah Salat Id. Foto/ANTARA FOTO/Wahyu Putro
A A A
JAKARTA - Keadaan ruas jalan Tol Jakarta-Cikamp ek yang lengang kemarin, Minggu (1/5/2022) dianggap karena masyarakat yang belum mudik diprediksi akan berangkat usai Salat Idul Fitri .

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan lonjakan pemudik akan kembali terjadi pada malam takbir Hari Raya Idul Fitri dan setelah ibadah Salat Id.

"Berarti nanti setelah buka puasa, artinya malam takbiran, itu jalan (mudik). Kita tetap akan monitor sampai besok pagi. Besok paginya setelah Salat Id. Karena ada orang yang enggak mau macet di jalan," ujar Firman di Command Center PJR di Km 29 Tol Cikampek, Minggu (1/5/2022).

Namun berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi, hingga Minggu malam, kondisi arus lalu lintas terpantau lancar, tidak terjadi antrean kendaraan. Artinya, prediksi lonjakan akan terjadi usai Salat Id.

Pasalnya, Firman mengungkapkan berdasarkan pantauan pihak kepolisian pada Minggu (1/5/2022), tercatat masih ada 30 ribu masyarakat yang belum melakukan perjalanan mudik.

Guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan hari ini, Firman mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa contra flow untuk memfasilitasi pemudik yang masih belum berangkat.

"(Kepadatan kendaraan) Itu pakai contra flow bisa kita kuras," kata Firman.

Kendati masih ada puluhan ribu warga yang belum mudik, namun Firman mengungkap bahwa Tol Jakarta-Cikampek masih dapat menampung pengendara dengan normal. Menurut Firman, tidak ada penumpukan kendaraan, pemudik tetap bisa melintasi jalan tol tanpa hambatan lalu lintas.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)