Cegah Penumpukan Kendaraan Arus Mudik di Ruas Tol, Ini Upaya Kakorlantas Polri

Sabtu, 23 April 2022 - 00:30 WIB
loading...
Cegah Penumpukan Kendaraan Arus Mudik di Ruas Tol, Ini Upaya Kakorlantas Polri
Korlantas Mabes Polri akan melakukan upaya mencegah penumpukan kendaraan pemudik di ruas tol. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi bakal menerapkan beberapa upaya mengatasi penumpukan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2022 di ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan pada tanggal 23-27 April 2022.

Firman bakal melakukan pengalihan arus bagi kendaraan sumbu 3 ke atas atau truk, trailer dan sejenisnya mulai dari Exit Gerbang Tol Cikarang Barat hingga Exit Gerbang Tol Karawang Barat.

”Melakukan pengalihan arus kendaraan bermotor sumbu 3 ke atas agar keluar jalan tol mulai Exit GT Cikarang Barat hingga Exit GT Karawang Barat,” kata Firman dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Selanjutnya, Korlantas Polri juga bakal menerapkan contra flow apabila terjadi kepadatan di Kilometer (KM) 48 jalur A tol Jakarta-Cikampek.”Apabila terjadi kepadatan di KM 48 jalur A maka dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow mulai dari KM 47 sampai dengan KM 70 GT Cikampek Utama menggunakan 1 lajur,” ujarnya.

Lebih lanjut, apabila penumpukan kendaraan sudah mencapai ambang batas maksimal maka Korlantas Polri bakal menerapkan one way atau sistem satu arah dari KM 47 hingga KM 188 GT Palimanan.”Apabila sudah melampaui batas maksimal kepadatan akan dilakukan rekayasa lalu lintas one way dari KM 47 sampai dengan KM 188 GT Palimanan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal pada Lebaran 2022. Firman menyebut dengan mudik lebih awal maka akan mencegah penumpukan kendaraan pada saat cuti liburan diberlakukan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9315 seconds (0.1#10.140)