Aliah Sayuti, Aktivis Perempuan yang Siap Pimpin Organisasi Kepemudaan KNPI

Jum'at, 08 April 2022 - 04:32 WIB
loading...
Aliah Sayuti, Aktivis Perempuan yang Siap Pimpin Organisasi Kepemudaan KNPI
Aktivis Perempuan Aliah Sayuti mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat Ketua Umum DPP KNPI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) akan menggelar Kongres Pemuda XVI pada 8-10 April 2022. Saat ini, sudah ada tiga bakal calon yang mendaftar ke panitia. Di antara bakal calon ketua umum DPP KNPI tersebut satu di antaranya adalah perempuan yaitu, Aliah Sayuti. Bahkan tersiar kabar Aliah merupakan kandidat terkuat di antara para kandidat yang ada.

Ketua Umum Kopri PB PMII Maya Muizatil Lutfillah sebagai salah satu aktivis perempuan yang mendukung pencalonan Aliah merasa optimistis, Aliah akan terpilih dan menorehkan sejarah sebagai ketua umum DPP KNPI pertama dari kalangan perempuan.



Menurutnya, sudah saatnya perempuan memimpin organisasi kepemudaaan seperti KNPI. “Beliau adalah satu satunya keterwakilan perempuan yang mendaftarkan diri sebagai ketua DPP KNPI. Saya mendukung kehadiran aktivis perempuan pada pencalonan ketua umum DPP KNPI,” kata Maya.

Maya menyebut Aliah sudah cocok dan pantas menjadi seorang pemimpin nasional. Kiprahnya tidak diragukan lagi. Banyak prestasi yang diraih oleh Aliah ketika menjadi aktivis perempuan. Maya menegaskan, perempuan harus mengambil peran secara aktif di segala bidang termasuk di antaranya pengabdian dalam wadah organisasi KNPI.

“Kenapa begitu? karena perempuan sangat penting dalam pembangunan bangsa dan negara ini,” tuturnya.



Lebih jauh, Maya menegaskan bahwa dukungan yang diberikan kepada aktivis perempuan untuk maju sebagai calon Ketua DPP KNPI berangkat dari keadaan dan situasi bangsa saat ini yang membutuhkan perjuangan perempuan.

Di lain sisi, kondisi kualitas hidup perempuan di Indonesia yang belum sepenuhnya menggembirakan, karena masih terjadi kesenjangan kualitas hidup antara perempuan dan laki-laki, khususnya dalam aspek-aspek penting kehidupan manusia, yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi menjadi alasan tersendiri mengapa Kopri PB PMII terlibat pada pemenangan Aliah L Sayuti.

“Prinsipnya bahwa suara perempuan diperlukan pada posisi-posisi penting pengambil keputusan supaya keputusan dan kebijakan yang dihasilkan lebih berpihak kepada perempuan dan anak sehingga dapat menghapuskan kesenjangan kualitas hidup perempuan dan laki-laki,” ucapnya.

Untuk diketahui, Aliah L Sayuti merupakan lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia angkatan 2006. Perempuan yang lahir di Makassar ini bukan orang baru di kalangan aktivis. Aliah menjadi salah satu aktivis perempuan yang terjun ke dunia usaha dan model.

Saat ini Aliah berencana memperluas pengaddiannya dengan mencalonkan diri sebagai Ketua umum DPP KNPI pada Kongres Pemuda XIV yang mulai digelar hari ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9915 seconds (0.1#10.140)