BMKG Minta Peringatan Dini Cuaca Ditampilkan di Jalur Tol Mudik

Rabu, 06 April 2022 - 17:04 WIB
loading...
BMKG Minta Peringatan Dini Cuaca Ditampilkan di Jalur Tol Mudik
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta agar peringatan dini cuaca ditampilkan di jalur tol selama mudik. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Dwikorita Karnawati meminta agar laporan peringatan dini cuaca bisa ditampilkan di jalur tol selama arus mudik. Hal ini demi menjaga mudik yang aman juga sehat.

“Kami sekilas menyampaikan bahwa layanan cuaca yang dilakukan BMKG terutama untuk menjaga mudik aman, semoga juga bisa menjaga mudik sehat,” kata Dwikorita dalam rapat dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).



Dwikorita menguraikan, ada beberapa layanan dari BMKG yakni informasi cuaca pada jalur transportasi darat, terutama jalan tol. Informasi prakiraan cuaca ini akan disampaikan dengan fitur khusus melalui aplikasi mobile phone Info BMKG. Sementara peringatan diri akan disampaikan 3 jam sampai dengan 30 menit sebelum kejadian.

“Namun yang kami sampaikan ini adalah prakiraan cuaca. Nah, untuk peringatan dini juga diberikan dari 3 jam hingga 30 menit sebelum kejadian yang disampaikan juga melalui fitur khusus peringatan dini info BMKG,” terangnya.



Namun, kata Dwikorita, pihaknya meminta apabila dimungkinkan bahwa informasi peringatan dini cuaca di jalur darat ini bisa ditampilkan di layar-layar yang ada pada jalan tol, sehingga informasi peringatan dini cuaca ini tidak hanya muncul di aplikasi Info BMKG.

“Kami juga memohon barangkali dimungkinkan, peringatan dini ini bisa ditayangkan pada layar yang ada di jalan tol untuk informasi jalan tol. Jadi tidak hanya melalui aplikasi mobile phone. Sehingga kami berupaya untuk dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol agar peringatan dini juga masuk di dalam info jalan tol,” ungkap Dwikorita.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)