Meski Bulan Puasa, Binda Kaltim Tetap Gencarkan Vaksinasi

Senin, 04 April 2022 - 04:36 WIB
loading...
Meski Bulan Puasa, Binda Kaltim Tetap Gencarkan Vaksinasi
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur tetap menggelar kegiatan vaksinasi pada bulan Ramadhan. Upaya ini sebagai mitigasi penyebaran Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur (Kaltim) akan tetap menggelar kegiatan vaksinasi pada bulan Ramadhan. Upaya ini sebagai mitigasi penyebaran Covid-19 di tengah peningkatan mobilitas dan interaksi sosial masyarakat.

Baca juga: Binda Banten Percepat Vaksinasi, Targetkan 95.000 Dosis

Kepala BIN Daerah Kalimantan Timur (Kabinda Kaltim) Brigjen TNI Danny Koswara mengatakan, sejak awal pihaknya sudah menyusun skenario percepatan vaksinasi untuk mengiringi pelonggaran yang kini diberikan Pemerintah demi menjaga tren penurunan kasus positif atau positivity rate Covid-19 di Tanah Air.



"Pelonggaran sosial berarti peningkatan mobilitas dan interaksi sosial. Ini juga berarti peningkatan risiko penularan Covid-19. Kita ingin semua tetap aman, tidak ada lonjakan kasus positif, karena itu kita percepat vaksinasi untuk masyarakat, di semua kelompok usia serta di semua dosis; kesatu, kedua, maupun ketiga atau booster," ujar Kabinda Kaltim, Minggu (3/4/2022).

Sebelumnya, sehari jelang Ramadhan, Binda Kaltim juga masih menggelar vaksinasi di satu kota dan tiga kabupaten, meliputi kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur hingga Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Vaksinasi kita laksanakan secara serentak di beberapa wilayah di Kalimantan Timur dengan menyediakan semua dosis vaksin. Semoga usaha kita terus menerus menciptakan kekebalan komunal di Kaltim bisa terwujud," harap Danny.

Jenderal bintang satu ini menerangkan, jajarannya akan terus menggelar vaksinasi termasuk di bulan Ramadan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

"Bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, vaksinasi bukan halangan karena MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa," ucap Danny.

Maka dari itu Danny mengajak masyarakat, untuk mendatangi setra vaksinasi yang telah disediakan BIN dengan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mengimbau masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis satu hingga booster dan tetap menjalankan kebiasaan menjaga prosedur kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian wilayah Kaltim juga akan aman dari penyebaran Covid-19," imbau Kabinda Danny Koswara.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)