Bangun Keamanan Siber di IKN, BSSN Fokus Kembangkan SDM

Kamis, 17 Maret 2022 - 13:08 WIB
loading...
Bangun Keamanan Siber di IKN, BSSN Fokus Kembangkan SDM
BSSN saat ini tengah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pembangunan keamanan siber di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) saat ini tengah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Bahkan, BSSN tengah membuat simulasi smart city untuk IKN dan beberapa kota-kota yang ada di Indonesia.

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan saat ini pihaknya sedang fokus untuk membangun SDM. Karena SDM itu sedang dibutuhkan oleh Indonesia.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, BSSN siap memberikan dukungan keamanan siber dalam pembangunan IKN," kata Hinsa di Pusat Pelatihan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Sentul, Jalan Raya Cijayanti, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu 16 Maret 2022.

Baca juga: BSSN: Teknologi Informasi Berperan Wujudkan Indonesia Maju

IKN akan dibangun menjadi smart city, menurut Hinsa, itu menuntut penggunaan Internet of Things (IoT) dan ketergantungan yang tinggi pada infrastruktur digital, pengumpulan data, dan analisis data.

Baca juga: Bangun Keamanan Ruang Siber, Ini Upaya yang Dilakukan BSSN

Perlindungan dan antisipasi terhadap aset dan infrastruktur informasi vital terhadap risiko kegagalan fungsi atau serangan siber menjadi fokus perhatian BSSN. "BSSN menyiapkan sumber daya manusia siber dan sandi melalui Pusat Pengembangan SDM," ujarnya.

Pusat Pengembangan SDM BSSN dilengkapi dengan sarana berupa Simulator Smart City dan Cybersecurity Online Simulation Platform (CSOP) di Kantor Sentul, Bogor. Simulator Smart City dan CSOP menyediakan sarana pendukung kegiatan peningkatan kompetensi SDM keamanan siber dalam hal proses tanggap insiden siber dalam bentuk platform lab simulasi.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0994 seconds (10.177#12.26)