Pangkostrad Letjen TNI Maruli Ziarahi Makam Soeharto, Kenang Jasa Besarnya

Jum'at, 11 Maret 2022 - 23:24 WIB
loading...
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Ziarahi Makam Soeharto, Kenang Jasa Besarnya
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak berziarah ke makam Presiden Soeharto yang juga pangkostrad pertama. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyempatkan diri berziarah ke makam Presiden ke-2 Soeharto di Astana Giribangun, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tentah, Jumat (11/3/2022). Kunjungan ini dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kostrad pada 6 Maret lalu.

Diketahui, Soeharto yang kala itu masih menjabat pangkat bintang 2 atau Mayjen TNI didapuk sebagai panglima pertama Kostrad.

"Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kostrad yang jatuh pada tanggal 6 Maret 2022. Salah satunya berziarah ke makam Panglima Kostrad pertama almarhum Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto," tulis Kostrad dalam keterangan tertulis, Jumat (11/3/2022) malam.



Kegiatan ziarah makam jenderal bintang 5 ini diawali dengan ucapan selamat datang dari pengelola Makam Astana Giribangun. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Pangkostrad, pembacaan yasin, doa bersama, tabur bunga dan peletakkan karangan bunga.

Dalam sambutannya, Maruli menghaturkan terima kasih kepada pihak keluarga dari Soeharto yang telah bersedia menerima dirinya dan rombongan untuk berziarah di tempat tersebut.

"Tak ada kata lain selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya demi mengingat begitu besarnya jasa Almarhum Bapak Soeharto kepada Bangsa dan NKRI semasa hidupnya terlebih kepada satuan Kostrad," jelas Maruli.



Acara ziarah ini, kata Maruli dlaksanakan dalam suasana dan nuansa kebersamaan dan kesederhanaan. Hal itu juga sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sekaligus sebagai upaya untuk mewarisi semangat juang, mewarisi keteladanan, menghayati tindakan patriotik, sikap kebersamaan dalam kesederhanaan, berani, tulus dan ikhlas dari Almarhum Bapak Soeharto dalam pengabdiannya kepada bangsa yang sangat kita cintai,” ucapnya.

Dalam kegiatan ziarah ini, Letjen Maruli didampingi oleh Itu Kostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Deddy Kusmayadi dan Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto, dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)