Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung

Selasa, 15 Februari 2022 - 13:39 WIB
loading...
Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung
Jenderal TNI Dudung Abdurachman didapuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pertama yang menerbangkan helikopter serang AH-64E Apache. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Helikopter paling berbahaya pasti dipersenjatai dengan senapan mesin, roket, dan rudal antitank. Keberadaan alat utama sistem persenjataan ( alutsista ) ini sangat penting sebagai bagian dari sistem pertahanan sebuah negara.

Helikopter tempur adalah salah satu senjata paling ampuh di gudang militer modern mana pun. Dilansir dari berbagai sumber berikut adalah beberapa helikopter paling berbahaya di dunia.

1. Ka-52 Alligator
Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung

Foto/airforce-technology

Helikopter tempur Ka-52 memiliki efisiensi tinggi yang dilengkapi dengan sistem koaksial Alligator. Sehingga sistem ini memberikan peningkatan muatan dan daya tahan untuk jumlah tenaga mesin serta mengontrol kebisingan.

Selain itu, helikopter memiliki keunggulan persenjataan berat. Ka-52 dapat membawa senjata yang tidak biasa untuk helikopter serang, termasuk rudal jelajah Kh-31, serta rudal Attack dan Whirlwind yang masing-masing mampu menembus armor hingga 950 mm dan 1000 mm.

2. AH-64E Apache
Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung

FOTO/tniad.mil.id

AH-64 Apache adalah tipe helikopter militer jenis penggempur yang bisa diterbangkan dalam berbagai keadaan cuaca. Boeing AH-64E Apache Guardian in menjadi helikopter serbu militer yang paling canggih di dunia karena didukung kecepatan maksimum 300 kilometer/jam dan dilengkapi persenjataan lengkap. Helikopter yang punya empat bilah mesin turbo ganda ini memiliki meriam 30-mm.

Helikopter ini memiliki daya angkut yang besar untuk mengusung berbagai macam persenjataan dengan teknologi mutakhir yang mampu membawa M230, Roket Hydra 70 (FFAR), peluru kendali AGM-114 Hellfire, AIM-92 Stinger dan AIM-9 Sidewinder.

Sebagai informasi, TNI AD memiliki Helikopter canggih yakni Apache AH-64E. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerbangkan Helikopter serang AH-64E Apache beberapa waktu lalu. Hal ini membuat Dudung menjadi KSAD pertama yang berhasil menerbangkan alutsista buatan Amerika Serikat tersebut.

3. Mil Mi-24 Hind
Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung

Foto/military-today

Mi-24 adalah salah satu helikopter meriam tempur yang paling dikenal di seluruh dunia. Saat ini dipakai oleh 50 kesatuan udara. Produksi Mi-24 sudah dihentikan pada 1991, tapi helikopter ini dipandang sebagai helikopter serbu yang terbaik dan paling maju yang pernah dibuat.

Mi-24 dilengkapi dengan meriam kembar 23-mm dan membawa rudal-rudal anti-tank 9M17P Skorpion (AT-2 Swatter) dan 9M114 Shturm (AT-6 Spiral).

4. Z-10M
Helikopter Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 2 Pernah Dijajal Jenderal TNI Dudung

Foto: Sputnik


Ini merupakan helikopter serang pertama yang dibuat secara mandiri oleh China. Z-10 adalah helikopter baru China dan dikhususkan sebagai helikopter tempur yang diklaim memiliki kemampuan untuk perang modern melawan tank, pasukan infanteri, serta alat tempur lainnya.

Helikopter ini memiliki empat pod eksternal yang dapat membawa rudal udara ke darat, udara ke udara, serta roket. Selain itu ada pula senapan mesin kaliber 23 milimeter. Helikopter ini juga dapat memuat maksimal 16 rudal antitank, empat peluncur roket ganda 7 barel, atau dua peluncur roket ganda 32 barel.

Penggunaan rudal akan diutamakan untuk melawan kendaraan lapis baja dan tank. Sementara untuk melawan target infanteri, helikopter akan lebih fokus pada penggunaan roket dan senapan mesin. Dalam misi penyerangan kelompok tank, helikopter Z-10 biasanya akan membawa 8 rudal udara-ke-darat dan 2 peluncur roket ganda. Rudal tersebut memiliki akurasi 85% dan setiap serangan Z-10 setidaknya dapat menghancurkan 6 tank sekaligus. Selain itu, Z-10 juga bisa meluncurkan rudal udara-ke-udara TY-90 kelas 50 kilogram melawan helikopter musuh.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)