GP Ansor Siap Bantu Selesaikan Persoalan Relasi Sosial Warga Wadas

Minggu, 13 Februari 2022 - 20:35 WIB
loading...
GP Ansor Siap Bantu Selesaikan Persoalan Relasi Sosial Warga Wadas
Ketua PP GP Anshor, Luqman Hakim mengatakan, sesuai permintaan Komnas HAM, pihaknya ikut terlibat dalam menyelasaikan hubungan relasi warga Wadas, baik yang pro maupun kontra terhadap penambangan batu Andesit. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gerakan Pemuda ( GP) Ansor menyatakan siap menjadi fasilitator untuk merekatkan kembali hubungan antarwarga di Desa Wadas , Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Kericuhan terjadi antara aparat dan warga saat pengukuran lahan warga untuk tambang batu Andesit.

Ketua PP GP Anshor, Luqman Hakim mengatakan, sesuai permintaan Komnas HAM, pihaknya ikut terlibat dalam menyelasaikan hubungan relasi warga Wadas, baik yang pro maupun kontra terhadap penambangan batu Andesit. GP Ansor sudah memutuskan untuk membersamai warga Wadas sampai kondisi kehidupan masyarakat pulih normal kembali. Pendampingan litigasi merupakan salah satu aspek dari kehadiran Ansor di sana.

"Tentu Ansor menyambut baik harapan teman-teman Komnas HAM untuk turut berikhtiar melakukan harmonisasi warga Wadas yang sempat beda pendapat terkait pembebasan lahan," kata Luqman kepada wartawan, Minggu (13/2/2022).



Kendati demikian, kata dia, GP Ansor tidak bisa melakukan tugas ini sendiri. Pihaknya butuh dukungan dan kebersamaan dari banyak pihak yang mempunyai niat sama menemani warga Wadas menjaga kehormatan kemanusiaannya.

"Dalam waktu dekat Ansor akan mengajak rembugan beberapa jaringan, termasuk Komnas HAM, guna merumuskan langkah-langkah bersama pemulihan kehidupan warga Wadas," katanya.

Baca juga: Komnas HAM: Temukan Fakta Ada Tindakan Kekerasan Terhadap Warga Desa Wadas
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)