Prada Yotam Kabur Bawa Senjata, Panglima TNI Perintahkan Tindak Tegas

Selasa, 21 Desember 2021 - 07:21 WIB
loading...
Prada Yotam Kabur Bawa Senjata, Panglima TNI Perintahkan Tindak Tegas
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa angkat bicara terkait kasus Prada Yotam Bugiangge anggota Yonif 756/MWS, yang kabur meninggalkan tempat tugasnya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa angkat bicara terkait kasus Prada Yotam Bugiangge anggota Yonif 756/MWS, yang kabur meninggalkan tempat tugasnya. Selain melarikan diri, yang bersangkutan turut membawa satu pucuk senjata api jenis SS1 V1.

Baca Juga: Panglima TNI
Baca juga: 5 Fakta Prada Yotam Bungiangge Kabur dari Kesatuan, Nomor 3 Bikin Berdiri Bulukuduk

"Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah memerintahkan seluruh penyidik dan aparat hukum TNI AD dan TNI melakukan proses hukum terhadap pelaku," ungkap Prantara melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021).

Lebih jauh dijelaskan, Andika turut memerintahkan aparat hukum untuk melakukan hal yang sama terhadap pihak-pihak yang membantu proses pelarian Yotam. Menurut dia, tindakan membawa kabur senjata telah melanggar beberapa aturan yang berlaku.

"Melanggar beberapa pasal pada Kitab Undang-Undang Hukum Militer (KUHPM), Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1948 dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api," katanya.

Prantara juga membenarkan, Prada Yotam desersi dengan membawa sepucuk denjata SS2 V1. Dirinya meninggalkan dinas tanpa izin pada Jumat 17 Desember 2021 sekitar pukul 17.00 WIT.

"Bahwa benar telah meninggalkan dinas tanpa izin oknum anggota Yonif 756, Kodam XVII/Cendrawasih, di Kabupaten Keerom, Papua (Prada YB) dengan membawa satu pucuk senjata api organik jenis SS2 V1," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, TNI AD terus melakukan pencarian terhadap Prada Yotam Bugiangge, seorang anggota Yonif 756/MWS, yang kabur meninggalkan tempat tugasnya. Sampai dengan saat ini keberadaannya belum diketahui.

"Belum (ditemukan) masih pencarian dan pendalaman," tutur Kapendam XVII Cendrawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga ketika dihubungi, Senin (20/12/2021).

Dia menjelaskan, petugas yang melakukan pencarian telah menelusuri asrama tempat tinggal hingga tempat sekitar. Dari upaya itu, ditemukan pakaian dan sepatu Yotam di semak-semak belakang asrama.

"Pencarian dilakukan mulai dari dalam asrama sampai dengan lingkungan sekitarnya, dan hanya menemukan pakaian dan sepatu yang dipakai Prada Yotam di semak-semak belakang Asrama," ujarnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4655 seconds (0.1#10.140)