Membanggakan! Prabowo Ingin Kapal Cepat Rudal PT PAL Diekspor

Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:57 WIB
loading...
Membanggakan! Prabowo Ingin Kapal Cepat Rudal PT PAL Diekspor
PT PAL Indonesia didorong untuk memasarkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter karya anak bangsa ke luar negeri. Hal ini dikatakan Menhan Prabowo Subianto. Foto/Kemhan
A A A
JAKARTA - PT PAL Indonesia (Persero) didorong untuk memasarkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter karya anak bangsa ke luar negeri. Hal ini dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Baca Juga: Prabowo
Baca juga: Prabowo Tegaskan Tanpa Pertahanan Kuat, Kekayaan Negara Akan Dirampas

KCR 60 meter digadang-gadang memiliki kontribusi besar dalam peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi kapal di Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam memproduksi Kapal Cepat Rudal, seluruh proses mulai dari engineering design, proses pembangunan platform, hingga integrasi sistem senjata semua dilakukan di PT PAL.

"Ke depannya, akan banyak project yang dijalankan PT PAL. Tadi disebut bahwa desain, perancangan, semuanya dari kita sendiri. Jadi, local content-nya sangat tinggi dan rencananya kita akan membuat PT PAL sebagai Lead Integrator, akan memandu jalannya proyek-proyek pertahanan matra laut. Karena akan ada puluhan kapal nanti yang akan kita modernisasi dan akan kita bangun di sini," ujarnya.

Prabowo menyampaikan peran penting dari kehadiran KCR, dalam menjaga pertahanan matra laut Indonesia. "KCR sangat penting karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas sekali, jadi untuk mengamankannya kita butuh banyak sekali unit kapal cepat rudal," ucapnya.

Selain itu, Prabowo menyebut adanya rencana kedepan untuk menambah armada yang sudah ada serta melakukan modernisasi bagi kapal-kapal yang telah ada.

"Karena itu rencana kita tahun ini, kita akan tambah kekuatan armada kita. Dan (unit) yang sudah ada kita akan perbaiki dan modernisasi semua," tuturnya.

Lebih lanjut, hal itu dilakukan atas dasar instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan kepercayaan serta perhatian besar pada bidang pertahanan negara.

"Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa beliau (Bapak Presiden) sangat menaruh perhatian pada pertahanan kita yang kuat. Kita juga menerima anggaran dan kepercayaan yang sangat besar, sehingga kita harus kelola dengan baik," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)