Covid-19 Delta Plus Masuk Malaysia, Pemerintah Buka Opsi Tambah Durasi Karantina

Senin, 08 November 2021 - 17:33 WIB
loading...
Covid-19 Delta Plus Masuk Malaysia, Pemerintah Buka Opsi Tambah Durasi Karantina
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah membuka opsi untuk meningkatkan lagi durasi karantina bagi pelaku perjalanan internasional. Sebab, varian Covid-19 Delta Plus AY.4.2 asal Inggris sudah masuk Malaysia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembukaan opsi menaikkan lagi durasi karantina bagi orang yang hendak masuk ke Indonesia bukanlah kebijakan yang tidak konsisten. Dia menjelaskan, perubahan itu terjadi akibat perilaku virus Covid-19 yang juga berubah-ubah.

"Itu dari Inggris masuk ke Malaysia varian Delta AY.4.2, dan ini menurut saya harus kita waspadai. Bukan tidak mungkin nanti kalau orang datang dari luar kita bisa lakukan, mungkin karantina naik jadi tujuh hari, ini juga tidak tutup kemungkinannya," kata Luhut usai ratas dengan Presiden Jokowi secara virtual, Senin (8/11/2021).



Durasi karantina bagi pelaku perjalanan internasional saat ini telah dipangkas pemerintah menjadi tiga hari. Luhut tak ingin pemerintah dianggap tidak konsisten dalam kebijakan ini.

"Jadi jangan ini dikatakan bolak balik, tidak sama sekali, kita sangat hati-hati di sini, saya ingin menyampaikan proses pengambilan keputusan itu sains dan art, data dan kemudian kita membaca data itu,” katanya.

Terlebih, pemerintah telah memiliki pengalaman yang cukup. “Kami sangat confidence, kami cukup jernih melihat ini, jadi mohon teman-teman di luar jangan berpikir pemerintah tak konsisten, kami konsisten, yang tidak konsisten itu penyakitnya," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)