Diundang Lemhanas, DPP KAMSRI Ajak Generasi Muda Amalkan Pancasila

Kamis, 28 Oktober 2021 - 19:01 WIB
loading...
Diundang Lemhanas, DPP KAMSRI Ajak Generasi Muda Amalkan Pancasila
Ketua Umum DPP KAMSRI Kemal Yudha Prakasa menyampaikan bahwa di kondisi saat ini sangat penting bagi para generasi muda bangsa dalam mendefinisikan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas) menyelenggarakan acara dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda . Acara ini dihadiri unsur lembaga dan organisasi nasional.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kesatuan Angkatan Muda Sriwijaya (KAMSRI) salah satu organisasi kepemudaan daerah Sumatera Bagian Selatan yang diundang menjadi bagian dari agenda nasional tersebut. Baca juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Begini Pesan Wali Kota Gorontalo

Ketua Umum DPP KAMSRI Kemal Yudha Prakasa menyampaikan bahwa di kondisi saat ini sangat penting bagi para generasi muda bangsa dalam mendefinisikan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

"Pancasila sebagai dasar negara sudah sepatutnya tidak lagi didefinisikan secara sempit. Nilai-nilai Pancasila sudah ada sebelum lahirnya Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika) dan sudah diamalkan dalam kehidupan masyarakat," ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Oleh sebab itu di tengah derasnya arus globalisasi, kata dia, organisasi kedaerahan berperan untuk mengamalkan nilai Pancasila sebagai warisan bernilai dalam kehidupan berbangsa.

Dia mengharapkan melalui acara ini seluruh elemen bangsa khususnya para generasi muda dapat memahami mengenai peta geopolitik dan geoekonomi serta mampu membentuk kader bangsa yang paham mengenai kebutuhan dari bangsanya. Baca juga: Gus Muhaimin: Makna Ikrar Sumpah Pemuda Harus Disesuaikan dengan Zaman

"Organisasi kedaerahan merupakan entitas penting dalam menyumbangkan gagasan dan pikiran dalam menjaga NKRI khususnya dari ancaman ideologi transnasional yang dapat mengancam eksistensi bangsa," tutup Kemal.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1306 seconds (11.252#12.26)