Konvensi Rakyat Berbasis Digital Perindo Beri Ruang Regenerasi Kader

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 05:13 WIB
loading...
Konvensi Rakyat Berbasis Digital Perindo Beri Ruang Regenerasi Kader
Deklarasi Konvensi Rakyat Berbasis Digital yang digagas Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Terobosan Partai Perindo tentang konvensi rakyat berbasis digital menggunakan sistem e-demokrasi dan e-voting mendapat tanggapan positif. Partai perlu melembagakan dan menyiapkan inftrastruktur untuk memfasilitasi ini.

Baca Juga: Partai Perindo
"Jika yang dilakukan Perindo adalah upaya untuk membuat ruang gelap itu menjadi ruang yang cukup cahaya, saya kira langkah mereka itu juga harus kita apresiasi," ujar dosen Ilmu Pemerintahan UMY ini, Kamis (14/10/2021).

"Kita tentu berharap mudah-mudahan upaya tersebut substantif dan bukan sekadar formalitas. Partai perlu melembagakan proses ini dan menyiapkan seluruh infrastruktur yang diperlukan untuk memfasilitasi langkah ini," tambahnya.

Menurut Tunjung, membuka ruang rekrutmen seluas-luasnya bagi masyarakat atau kader nonpartai sangat dibolehkan. Meski demikian dia mengingatkan, partai punya tanggung jawab untuk melakukan kaderisasi.

Nilai-nilai dan ideologi partai akan terinternalisasi melalui proses kaderisasi tersebut sehingga diharapkan tiap kader partai akan memiliki 'tone' yang sama, yang akan menjadi ciri khas yang membedakannya dengan kader-kader partai lain.

Tunjung menyakini, teroboson yang dilakukan oleh Partai Perindo ini sangat mungkin bisa menghindari poltik uang. "Politik uang sangat mungkin bisa dikurangi lewat upaya mendiskon biaya-biaya politik," ujarnya.

Namun menurutnya, politik uang akan sulit dihilangkan jaka pola relasi antara politisi dan konstituen masih paternalistik-klientelistik.

Sebelumnya, pengamat telematika Roy Suryo mengapresiasi Deklarasi Konvensi Rakyat Berbasis Digital yang digagas Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT). "Ini adalah yang pertama kalinya sebuah partai memperkenalkan e-demokrasi," ujar Roy Suryo.

Menurut dia, pesta demokrasi Indonesia di masa mendatang tidak terlepas dari peranan teknologi kekinian. "Saya appreciate dan menyambut baik ide serta gagasan Pak HT selaku Ketum Partai Perindo untuk merintis e-demokrasi tersebut," ujar Roy Suryo di Jakarta, Sabtu (9/10/2021).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)