Sebelum Banteng vs Celeng, Ini 5 Kisruh Internal PDIP yang Menyedot Perhatian Publik

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:38 WIB
loading...
Sebelum Banteng vs Celeng, Ini 5 Kisruh Internal PDIP yang Menyedot Perhatian Publik
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) sedang bergejolak. Muncul dua kubu berseberangan, satu mendukung Ganjar Pranowo menjadi Calon Presiden (Capres) dan satu lagi menginginkan Puan Maharani yang dijagokan pada Pilpres 2024.

Perseteruan semakin panas setelah Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul menyebut kader yang mendeklarasikan dukungan capres sebelum ada arahan dari Megawati Soekarnoputri disebut keluar barisan. Bambang Pacul mengidentifikasi mereka dengan sebutan celeng. Sementara kader yang setia pada garis partai adalah banteng.

Sebagai partai besar, PDIP bukan sekali ini saja mengalami kisruh di dalam internal kader. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu beberapa kali terancam perpecahan. Namun berkat kepemimpinan Megawati, semua persoalan mampu diselesaikan dengan baik atau mereda dengan sendirinya.

Baca juga: Pengamat Nilai Konflik Banteng Vs Celeng Untungkan PDIP

Berikut ini catatan perpecahan di internal PDIP:

1. Kongres I PDIP
Guna memperbaiki internal PDIP, pengurus DPP menyarankan percepatan pelaksanaan Kongres I 2000 di Semarang. Menjelang kongres, Dimyati Hartono dan Eros Djarot berinisiatif mengurangi beban tanggung jawab Megawati melalui pencalonan Sekjen. Namun, inisiatif itu dianggap ingin menggeser Megawati dari kursi Ketua Umum PDIP. Dimyati Hartono dan Eros Djarot pun akhirnya terdepak dari keanggotaan partai.

2. Kongres II PDIP
Jika pada Kongres I PDIP hanya mencalonkan Megawati sebagai Ketua Umum, berbeda dengan Kongres II di Bali pada 2005. Menjelang pelaksanaan kongres, Gerakan Pembaharuan PDI Perjuangan memunculkan banyak pilihan calon. Antara lain Arifin Panigoro, Roy BB Janis, Laksamana Sukardi, Sophan Sopian, dan Guruh Soekarnoputra.

Namun dalam perjalanannya, kelima calon dari gerakan pembaharuan PDIP mengundurkan diri. Megawati pun menjadi calon tunggal dan terpilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP.

Dari gerakan pembaharuan ini lahirlah Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Baca juga: Celeng versus Bebek di Internal PDIP Potensial Bikin Resistensi Masyarakat

3. Pilgub Jateng 2013
Kisruh internal PDIP juga terjadi pada Pilgub Jateng 2013. Wakil Gubernur Jawa Tengah waktu itu, Rustriningsih ingin naik kelas menggantikan Bibit Waluyo. Namun Megawati justru memberikan posisi itu ke Ganjar Pranowo.

Rustri kecewa, sakit hati. Dia tak terima saat loyalitas, prestasi, dan popularitasnya dianggap seolah tak berarti lagi. Atas kekecewaan itu, pada Pilpres 2014 Rustri balik arah mendukung Prabowo Subianto-Hatta Radjasa yang merupakan lawan jagoan PDIP, Jokowi-Jusuf Kalla.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)