Peringati HUT ke-76 TNI, Panglima TNI Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Senin, 04 Oktober 2021 - 19:37 WIB
loading...
Peringati HUT ke-76 TNI, Panglima TNI Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kalibata
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kalibata, Jakarta. Hadir juga Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Sehari jelang HUT ke-76 TNI , Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2020).

Pantauan di lokasi, Panglima TNI tiba di TMP Kalibata pukul 15.45 WIB. Hadi tak sendiri, dia turut didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Tak tampak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di lokasi. Wakil KSAD Letjen TNI Bakti Agus Fadjari tampak mengikuti ziarah tersebut.

Selepas Panglima TNI memasuki area Tugu Garuda, upacara langsung dimulai. Panglima langsung memimpin mengheningkan cipta dan berdoa.

Di tengah prosesi mengheningkan cipta dan berdoa, hujan tiba-tiba turun. Namun, hujan tak menghalangi jalannya upacara lantaran tetap dilangsungkan secara khidmat.



Hadi lalu meletakkan karangan bunga tepat di bawah Tugu Garuda. Kemudian, dia beserta rombongan meninggalkan area tugu dan bergegas ke dalam area pemakaman, guna melakukan tabur bunga sebagai bentuk penghargaan bagi para pahlawan.

Salah satu makam yang ditaburi bunga yakni pusara Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Panglima TNI juga melaksanakan ziarah nasional dan tabur bunga di makam Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat, Jenderal Besar A.H Nasution, Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusuma, Jenderal TNI (Purn) A. Yani, Ibu Hasri Ainun Habibie, Letjen TNI (Purn) RD. Suprapto, Letjen TNI (Purn) M.T. Harjono, Letjen TNI (Purn) S. Parman, dan Mayjen TNI (Purn) Sutojo Siswomi Hardjo.

Sementara itu, ziarah nasional dan tabur bunga juga dilaksanakan pada hari ini di makam Presiden Pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Bertindak sebagai Irup Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

Selanjutnya, di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusuma Negara Semaki Yogyakarta sebagai Irup Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.



Kemudian, di makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid di Jombang, Jawa Timur yang bertindak sebagai Irup adalah Dankodiklatal Laksdya TNI Nurhidayat. Lalu, di makam Jenderal Besar Soeharto di Astana Giri Bangun, Solo, Jawa Tengah selaku
Irup adalah Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)