Krisdayanti Buka-bukaan Soal Gaji dan Tunjangan Anggota DPR, Dasco: Jangan Dipolitisasi

Kamis, 16 September 2021 - 21:19 WIB
loading...
Krisdayanti Buka-bukaan Soal Gaji dan Tunjangan Anggota DPR, Dasco: Jangan Dipolitisasi
Krisdayanti mengungkapkan gaji hingga tunjangan yang diterimanya sebagai anggota DPR. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Krisdayanti , anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, mengungkap besaran gaji dan tunjangan anggota DPR serta dana aspirasi. Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta hal itu jangan dipolitisasi.

Pengakuan Krisdayanti itu disampaikan dalam akun YouTube Channel Akbar Faizal Uncensored berjudul "Nekat! Krisdayanti Berani Bicara Politik di Sini! | AF Uncensored" yang diunggah 13 September 2021.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa mengenai hal itu sudah dijelaskan secara rinci oleh Krisdayanti. Perlu diketahui bahwa itu bukan pendapatan atau take home pay seorang anggota Dewan.

"Sebenarnya sudah dirinci sama Mbak Krisdayanti itu bukan pendapatan. Kalau pendapatan uang masuk dibawa pulang ke rumah. Sementara take home pay kita dan ini ada di website DPR sebenernya, bukan hal yang ditutup-tutupi," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Kamis (16/9/2021).

Soal besaran gaji, tunjangan, dan lain sebagainya, Dasco melanjutkan itu semua memang diperuntukkan bagi kegiatan-kegiatan di dapil, seperti di masa reses, lalu kunjungan ke daerah pemilihan (dapil) dan kebutuhan lainnya di dapil yang justru jauh lebih besar dari total pendapatan anggota Dewan yang disebut besar itu.

"Malah kadang-kadang seperti Covid sekarang kebanyakan anggota DPR harus menutupi dari sumber lain, karena banyaknya konstituen yang membutuhkan alat kesehatan dan sembako gitu," terangnya.

Menurut Dasco, kalaupun besaran pendapatan anggota Dewan itu tidak disampaikan di kanal YouTube tersebut, bisa dicari di laman resmi DPR RI, karena memang tidak ada yang disembunyikan.

Untuk itu, dia meminta agar tidak dipolitisasi bahwa besaran itu adalah hal yang dibawa pulang ke rumah anggota Dewan. "Kalau kita jelaskan begitu saja, asal jangan dipolitisasi seolah-olah anggota DPR itu pendapatannya yang dibawa pulang ke rumah segitu, nggak begitu," tegas Dasco.

Sebelumnya, Krisdayanti mengungkapkan setiap bulan ia menerima gaji pokok Rp16 juta dan uang tunjangan Rp59 juta. "Setiap tanggal 1 (dapat) Rp16 juta, tanggal 5 (dapat) Rp59 juta, kalau enggak salah," kata Krisdayanti, Selasa (14/9/2021).

Ibu kandung Aurel Hermansyah ini menjelaskan bahwa dirinya juga menerima dana aspirasi. Tak tanggung-tanggung, Krisdayanti merima Rp450 juta, lima kali dalam setahun.



Meski menerima uang dalam jumlah besar, perempuan yang akrab disapa KD ini memiliki tanggung jawab besar. Pasalnya, ia harus menyerap aspirasi masyarakat di 20 titik. "Dana aspirasi memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Kami juga harus menyerap aspirasi di 20 titik. Itu kehadiran kita," jelas Krisdayanti.

Jika melakukan kunjungan ke daerah pemilihan, pelantun Cobalah untuk Setia itu mengungkapkan menerima Rp140 juta selama delapan kali setahun.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)