Proyek Pesawat Habibie Bisa Dilanjutkan Setelah Keuangan Membaik

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:13 WIB
loading...
Proyek Pesawat Habibie Bisa Dilanjutkan Setelah Keuangan Membaik
Anggota Komisi I DPR Syarief Hasan, tak mempersoalkan keputusan pemerintah menghentikan dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245, dari daftar PSN. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan tidak mempersoalkan keputusan pemerintah yang menghentikan dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245, dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

Menurut dia, proyek pesawat R80 dan N245 itu bisa dilanjutkan kembali setelah kondisi keuangan negara membaik. (Baca juga: Proyek Pesawat 'Warisan' BJ Habibie Diganti dengan Drone)

"Tentu disesuaikan dengan kemampuan negara, prioritas yang mana dulu. Setelah negara kondisi keuangan mampu R80 bisa dilanjutkan," ujar Syarief Hasan kepada SINDOnews, Minggu (31/5/2020).

Politikus Partai Demokrat ini menjawab singkat saat ditanya apakah keputusan pemerintah itu tidak menjadi masalah menurutnya. "Skala prioritas," pungkas Syarief Hasan.

Sekadar diketahui, pembuatan Pesawat R80 merupakan proyek yang direncanakan oleh Presiden ketiga BJ Habibie. Sedangkan Pesawat N245 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia (persero) juga menggunakan konsep pesawat jarak dekat rancangan BJ Habibie.

Adapun alasan pemerintah menghapus dua proyek itu karena pengembangan drone lebih ideal dilakukan dalam kondisi sekarang ini. Secara keseluruhan pemerintah memutuskan untuk memasukan 89 proyek sebagai PSN baru.

Di mana proyek yang akan dikerjakan pada tahun 2020 sampai 2024 meliputi jalan, jembatan, bandara, kawasan industri. Termasuk kawasan industri di Brebes, bendungan-irigasi, tanggul laut, program lahan untuk sawah.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)